Sun. Jun 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Pasukan Khusus AD Ceko Dapatkan Perun LSV Buatan SVOS

2 min read
Perun LSVSVOS

SVOS

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Pasukan Khusus Angkatan Darat (AD) Ceko dipastikan akan mendapatkan kendaraan taktis (rantis) serbu (LSV) yang dinamai Perun. Hal tersebut digaungkan saat pameran pertahanan IDET 2019 di Brno, Ceko pada 28 Mei – 1 Juni lalu. Dikutip dari Army Recognition, sebanyak empat unit Perun LSV akan diserahkan tahu ini juga.

Proyek pengembangan rantis serbaguna Perun (versi wagon) mulai dikembangkan oleh perusahaan SVOS asal Ceko tahun 2013. Pada IDET 2017 varian Perun LSV mulai dipamerkan untuk pertama kali. Cangkang kendaraan ditanggalkan dan digantikan dengan rangka tubular yang ringan dan kuat.

Meskipun tingkat proteksi balistik makin berkurang karena mengejar bobot ringannya (GVW 13 ton), SVOS tetap mempertahankan tingkat perlindungan Perun LSV dalam menghadapi ranjau darat atau bahan peledak improvisasi (IED).

Sebagai tenaga penggerak, Perun LSV mengadopsi mesin diesel 6Y 106 TD21 berdaya 240 kW yang dilengkapi transmisi otomatis 6 percepatan. Kendaraan dapat dibesut hingga 110 km/jam. Digadang, akselerasi Perun LSV dapat mencapai 80 km/jam dalam hitungan 30 detik saja. Jangkauan operasinya sekitar 700 km.

Army Recognition

Untuk spesifikasi, Perun LSV memiliki panjang total 6,03 m, lebar 2,3 m, dan tinggi 2,6 m dengan jarak poros antar roda (wheelbase) 3,8 m. Sementara ground clearrance dapat diatur ketinggiannya antara 31,5 sampai 41,5 cm dalam waktu 90 detik walaupun dalam keadaan berjalan.

Perun LSV bisa beroperasi di segala permukaan medan jalan. Mulai dari lintasan cadas hingga lintasan berlumpur. Rantis ini dapat melewati parit selebar 85 cm dan halangan setinggi 55 cm. Kendaraan juga dapat berjalan dalam genangan air setinggi 1,2 m tanpa persiapan.

SVOS

Selain untuk operasi penyerbuan cepat, Perun LSV dapat digunakan sebagai kendaraan patroli. Dalam setiap misinya, Perun LSV dapat dimuati enam awak, terdiri dari pengemudi dan komandan di bagian depan, lalu tiga awak di tengah dan seorang lainnya duduk bagian belakang plus muatan hingga 2.600 kg.

Untuk daya gempur, Perun LSV menawarkan daya tembak penuh 360 derajat. Tersedia senapan mesin kaliber 12,7 mm dipasang di atas atap. Sementara setiap sisi kendaraan tersedia stasiun senjata putar untuk senapan mesin kaliber 7,62 mm. Untuk perlindungan diri Perun LSV juga dilengkapi pelontar granat asap.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *