Sat. Jun 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Pernah Ditawarkan ke Indonesia, Ini Patriot II yang Tampil di IDET 2019

2 min read
Patriot IImonch.com

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Excalibur Army sebuah industri pertahanan asal Ceko menampilkan Patriot II versi upgrade dalam pameran IDET di Brno, Ceko pada 28 Mei – 1 Juni 2019. Purwarupa kendaraan tempur yang disebut sebagai MATMMV (Medium Armored Tactical Multi-Mission Vehicle) ini mulai diperkenalkan pada Mei 2018 silam.

Patriot II dibangun menggunakan sasis truk militer T815 buatan Tatra. Kendaraan ditenagai mesin diesel Cummins ISB kapasitas 6.700 cc berdaya 210 kW yang dipadukan dengan transmisi otomatis Allison 3200SP enam gigi maju dan satu gigi mundur. Kecepatan laju maksimum 130 km/jam dan jangkauan operasi mencapai 700 km.

Ranpur berbobot 12 ton ini dilengkapi zirah lapis baja dengan bautan mur yang disebut Kitted Hull Concept. Tingkat perlindungan balistik berada pada level 3 STANAG 4569 dan bagian bawah kendaraan mampu menahan ledakan ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED) pada level 2a/b STANAG 4569 standar NATO.

Patriot II menggunakan ban jenis run-flat ukuran 14.00 x R20 dengan sistem inflasi ban sentral yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tekanan ban saat berjalan. Kendaraan sanggup melahap halangan vertikal 50 cm dan trench crossing 90 cm. Kedalaman parit satu meter juga dapat dilalui.

Versi standar Patriot II diawaki enam orang termasuk pengemudi dan komandan. Untuk alat bela diri dan bertempur, Patriot II dipasangi kubah RCWS (Remote Control Weapon System) dengan pilihan berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, kaliber 12,7 mm atau pelontar granat otomomatis AGL 40 mm.

Salah satu fitur unggulan Patriot II adalah ketinggian ground clearance yang dapat disesuaikan. Kendaraan juga menggunakan sistem suspensi independent swinging air yang menjadikannya sanggup melahap berbagai permukaan medan dengan nyaman.

Rangga Baswara Sawiyya

Secara tampilan, perubahan mencolok pada Patriot II yang terlihat adalah perubahan total bentuk bonnet (cangkang mesin). Termasuk desain lampu dan grill masukan udara pendingin mesin. Bagian atas jendela balistik depan juga ditambahi rumah untuk kamera dan lampu sorot LED.

Ranpur Patriot II tak hanya ditawarkan untuk Militer Ceko saja, namun juga untuk ekspor. Pada gelaran Indo Defence 2018 silam, Excalibur Army memboyong Patriot versi awal ke JIExpo Kemayoran, Jakarta dan menawarkannya untuk militer Indonesia.

Meski Patriot belum dipinang, panser 8X8 berbasis Pandur II buatan Excalibur Army telah resmi dipesan oleh Kementerian Pertahanan RI untuk digunakan oleh Yonif Mekanis TNI AD. Di Indonesia panser ini dinamai Kobra 8X8 dan sekira 18 unit akan diproduksi oleh PT Pindad di Kiara Condong, Bandung.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *