Wed. Jun 26th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Jammer Pod untuk Gripen C/D Diuji Saab Akhir Tahun Ini

1 min read
EA Jammer PodSaab

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Perusahaan pertahanan dan keamanan Saab dari Swedia, pada akhir tahun ini dijadwalkan akan menguji perangkat serang elektronik berupa jammer pod buatannya yang diberi nama Arexis EA Jammer Pod.  Perangkat berukuran panjang 4 m dan berat 350 kg itu akan diuji coba menggunakan jet tempur Gripen C/D.

Mengutip pemberitaan Flightglobal (4/6), saat ini uji darat dan instalasi di pesawat Gripen telah dilaksanakan di fasilitas Saab di Stockholm. Jammer pod dipasang di gantungan sayap bagian luar. Perangkat tersebut dilengkapi semacam sayap kecil yang berfungsi sebagai antenna frekuensi rendah.

Setelah uji coba ini sukses nantinya, Saab akan menyiapkan perangkat jammer pod untuk Gripen E dengan kemampuan yang lebih meningkat lagi. Jammer pod ini juga diproyeksikan untuk dapat digunakan melengkapi penempur-penempur lain seperti Eurofighter Typhoon dan Panavia Tornado yang dimiliki oleh Jerman.

Saab pertama kali memperlihatkan Arexis EA Jammer Pod pada 2917 lalu. Pengembangan perangkat ini telah dimulai sejak 2013.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *