Tue. Jun 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

C-130 Hercules dan CN295 TNI AU Dukung Mudik Anggota TNI

2 min read
C-130 TNI AUIstimewa

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Dua pesawat angkut C-130 Hercules dan satu CN295 TNI Angkatan Udara diberangkatkan guna mendukung mudik Lebaran anggota TNI dan keluarganya. Pemberangkatan ratusan pemudik tersebut dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (1/6) pagi.

KSAU mengatakan, pesawat TNI AU dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung para pemudik anggota TNI dan keluarganya untuk bertemu dengan orang tua maupun keluarga dalam merayakan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Saya berharap fasilitas dan kesempatan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga anggota dapat terangkut dengan tertib. Saya berharap tidak berebut, karena semua akan saya angkut,” ujar KSAU saat memberikan sambutan.

Ia juga menekankan, dengan bisa mudik Lebaran, para anggota TNI sekembalinya nanti ke Jakarta diharapkan bisa bertambah semangat dalam bekerja.

Dispenau
Dispenau

Dalam catatan Airspace Review, kegiatan mudik menggunakan pesawat TNI AU rutin dilaksanakan setiap tahun. Tidak hanya dari Jakarta, kegiatan pun dilaksanakan dari beberapa pangkalan udara lainnya.

TNI AU mengoperasikan dua skadron C-130 Hercules, yaitu Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur

Sementara C295 dioperasikan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma.

CN295
Rangga B. Sawiyya

Tahun ini, TNI AU segera meresmikan Skadron Udara 33 berkekuatan C-130 Tipe H di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan dan Skadron Udara 27 di Biak, Papua dengan kekuatan pesawat CN235/CN295 produksi PT Dirgantara Indonesia.

Untuk mengisi Skadron Udara 27, rencananya sebagian pesawat dari Skadron Udara 2 akan dipindahkan ke Skadron Udara 27. TNI AU juga akan menambah tiga unit CN295 dari PTDI.

Sementara untuk Skadron Udara 31, nantinya akan diisi oleh armada C-130J Super Hercules.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *