Tue. Jun 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

OKB TSP Tawarkan Sishanud Terbaru Buk-MB3K di MILEX 2019 Belarusia

2 min read
Buk-MB3Ktut.by

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Sistem pertahanan udara (Sishanud) terbaru Buk-MB3K garapan OKB TSP tampil perdana dalam pameran pertahanan MILEX ke-9 di Minsk, Belarusia pada 15-18 Mei lalu. Keandalan tinggi dan peningkatan kinerja merupakan ciri utama dari sishanud bersenjata peluru kendali ini.

Sistem Buk-MB3K dilengkapi radar baru S-range solid state phased array AESA yang mampu mendeteksi target udara hingga radius 130 km. Metode dan algoritma khusus untuk pemrosesan sinyal mampu meningkatkan presisi fiksasi dan deteksi target sebesar 50-100%.

Radar dapat mendeteksi dan melakukan pelacakan target secara otomatis. Juga dapat mengukur data primer dari target udara, termasuk azimuth, jangkauan, dan kecepatan radial dalam mode aktif dan pasif.

Sistem Buk-MB3K dapat mendeteksi dan mencegat semua jenis target terbang. Mulai dari jet tempur, pesawat udara tak berawak (UAV), rudal jelajah hingga balon udara. Setiap sistem ini dilengkapi empat misil siap luncur.

tut.by

Sishanud ini juga dilengkapi stasiun automated mobile command & control battle management (AMC & CBM) yang sepenuhnya terintegrasi dalam jaringan pertahanan udara. Stasiun ini memastikan komunikasi dan berbagi data antara berbagai komponen sistem rudal pertahanan udara, sistem kontrol, serta radarnya.

Untuk mengusung sistem Buk-MB3K digunakan kendaraan khusus berpenggerak 8X8 yang dikembangkan oleh perusahaan otomotif MZKT asal Belarusia. Kendaraan dapat membawa muatan 17.300 kg dan melaju dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

tut.by

Secara keseluruhan, sasis beroda ban baru pada Buk-MB3K meningkatkan kinerja dan kemampuan manuver dibandingkan versi lawas yang menggunakan roda rantai (track). Sistem beroda ban ini juga mengurangi biaya pemeliharaan dan perbaikan.

Dilansir dari belarus.by, sistem Buk-MB3K memiliki parameter pengintaian, daya tembak, dan manuver sistem yang setara dengan sistem rudal pertahanan udara jarak menengah produksi Barat. Menariknya, sistem Buk-MB3K memiliki harga jual yang lebih miring.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *