Mon. Jun 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Martin-Baker Telah Produksi 500 Kursi Lontar untuk F-35

2 min read
F-35 ejection seatMartin-Baker

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Perusahaan pembuat kursi lontar (ejection seat) asal Inggris, Martin-Baker, telah memproduksi 500 unit kursi lontar US16E untuk jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II.

Seluruh kursi lontar tersebut telah dikirimkan ke tiga fasilitas produksi F-35 yang tersebar di tiga negara. Yaitu ke fasilitas Lockheed Martin di Fort Worth (Amerika Serikat), fasilitas Leonardo Final Assembly & Check-Out (FACO) di Cameri (Italia), dan di fasilitas Mitsubishi Heavy Industries (MHI) FACO di Nagoya (Jepang).

Mengutip pemberitaan di laman Martin-Baker, pengiriman kursi lontar ke-500 untuk F-35 telah dilaksanakan pada 1 Maret lalu. Acara dihadiri oleh CEO Lockheed Martin UK Peter William David Ruddock dan Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Martin-Baker Andrew Martin. Untuk diketahui, Ruddock merupakan marsekal purnawirawan AU Inggris (RAF) yang pernah terselamatkan nyawanya saat eject dari pesawat Hunter Mk2H di tahun 1977.

Martin-Baker

Perihal kursi lontar US16E, ini adalah kursi penyelamat pengembangan dari kursi lontar Martin-Baker Mk16 yang sukses digunakan pada jet latih T-6 Texan II, Eurofighter Typhoon, T-38 Talon, Dassault Rafale, F-35, dan sejumlah pesawat lainnya.

US16E dirancang dapat memberikan optimasi parameter keselamatan bagi penerbang. Mulai dari batas jarak aman operasi terhadap landasan (permukaan bumi), beban psikologis penerbang, bobot penerbang, dan batas-batas antropometri (dimensi tubuh dan ruang gerak) lainnya sebagaimana dipersyaratkan pada F-35.

USAF

Kursi lontar US16E bersifat komunal untuk digunakan oleh seluruh varian F-35 baik A, B, maupun C. Pihak pabrikan menyatakan, kursi pesawat ini satu-satunya yang sesuai dengan kualifikasi kursi lontar berdasarkan ketentuan Kriteria Cedera Leher (NIC) yang ditetapkan pemerintah AS untuk penerbang.

Tentang Martin-Baker, perusahaan ini didirikan tahun 1946 oleh Sir James Martin dan Kapten Valentine Baker. Hingga saat ini lebih dari 70.000 kursi lontar telah dibuat oleh Martin-Baker dan digunakan di 93 negara.

Dan, sebanyak 7.605 nyawa telah berhasil terselamatkan berkat penggunaan kursi lontar buatan Martin-Baker.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *