Mon. Jun 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

OKB TSP Tawarkan Platform Ranpur Universal di MILEX 2019

2 min read
OKB TSP UCPArmy Recognition

AIRSPACE REVIEW – Untuk pertama kalinya OKB TSP sebuah perusahaan asal Belarusia menawarkan produk rancangannya berupa platform kendaraan tempur universal (Universal Combat Platform/UCP) pada pameran pertahanan MILEX 2019 yang berlangsung di Minsk, Belarusia pada 15-18 Mei.

Dilansir dari situs belarus.by, ranpur UCP dirancang sebagai wahana pengangkut modul untuk beragam apikasi. Ranpur ini bisa dikembangkan sebagai kendaraan komando & kontrol, pengangkut personel (APC), kendaraan navigasi, hingga sebagai ambulans.

Tak banyak informasi yang dirilis oleh OKB TSP mengenai kendaraan ini. Dijelaskan, ranpur berpenggerak 4X4 ini ditenagai oleh mesin diesel yang dipasang di bagaian depan. Kendaraan dilengkapi kaca depan balistik yang lebar guna mendukung visibilatas pengemudi dan komandan serta meningkatkan kesadaran situasional di lapangan.

Kulit lapis baja UCP mampu menangani gempuran peluru senapan serbu kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm serta cipratan serpihan munisi artileri. Kendaraan juga sanggup bertahan dari ledakan ranjau darat dan bahan peledak improvisasi (IED).

vpk.gov.by

Versi UPV pengangkut pasukan dapat menampung delapan prajurit bersenjata yang duduk berhadapan di kompartemen belakang. Untuk senjata bela diri di atas atap ranpur dapat dipasangi stasiun senjata. Stasiun ini dapat dipasangi senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.

Sebelelum melansir ranpur, OKB TSP telah lama menjadi mitra Angkatan Bersenjata Belarusia. Perusahaan bergerak dalam bidang riset sains dan teknologi, terutama untuk pengembangan sistem persenjataan.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *