Belarusia Terima 4 Yak-130 Pengiriman Gelombang Ketiga

Irkut Corporation

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Belarusia menerima tambahan empat unit jet latih Yak-130 dari Rusia. Keempat pesawat yang merupakan pengiriman gelombang ketiga dari pabrik Irkut, Rusia ini diserahterimakan di 116th Guards Attack Airbase, Lida, Belarusia pada 11 Mei lalu.

Menteri Pertahanan Belarusia Andrei Ravkov menyatakan, pembelian jet latih ini merupakan bagian dari program peningkatan kekuatan Angkatan Udara dan Angkatan Pertahanan Udara Belarusia (BAFADF) hingga tahun 2020.

Dengan tambahan empat unit, berati Belarusia sudah menerima 12 Yak-130 dari Rusia. Kelompok pertama empat pesawat diterima pertama kali tahun 2015 dan empat unit kelompok kedua diterima pada 2016.

Baca juga: bidik-malaysia-irkut-genjot-penjualan-yak-130-di-asia-tenggara

Kementerian Pertahanan Belarusia menyatakan, Yak-130 akan digunakan oleh Angkatan Udara Belarusia untuk melatih para pilot calon penerbang tempur Su-30SM.

Irkut Corporation

Untuk diketahui, Belarusia juga telah membeli 12 unit Su-30SM dari Rusia guna menggantikan armada tempur lama mereka. Pengiriman pesawat dijadwalkan akan dimulai akhir tahun ini.

Selain menjalankan fungsi sebagai jet latih, Yak-130 akan digunakan BAFADF sebagai pesawat tempur serang ringan.

Baca juga: 2018/02/16/tahun-ini-dikirim-3-myanmar-akan-terima-tambahan-6-jet-latih-yak-130/

Yak-130 dapat membawa tiga ton persenjataan untuk melaksanakan tugas tersebut. Ravkov membandingkan Yak-130 setara dengan kemampuan Su-25.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *