Cukurova Defence Tampilkan Beko Lapis Baja 4X4X4 untuk Militer

BekoCukurova Defence

ANGKASAREVIEW.COM – Tak hanya kendaraan perang dan persenjataan saja yang tampil menghiasi pameran IDEF 2019 di Istanbul, Turki pada 30 April – 3 Mei. Satu yang mencuri perhatian adalah beko (bachoe) lapis baja, kendaraan mirip eskavator yang biasa digunakan untuk pengerjaan konstruksi sipil .

Beko untuk militer ini adalah hasil rancangan perusahaan lokal Turki, Cukurova Defence. Dinamai sebagai Armoured Backhoe Loader 4X4X4 (ABL), kode angka tak lazim yang digunakan menunjukkan bahwa beko berpenggerak empat roda 4X4 (4WD) dan sistem kemudi empat roda (4WS).

Beko biasa digunakan oleh satuan Zeni Angkatan Darat, digunakan untuk membuka akses jalan dan membuat perkubuan. Nah, untuk kebutuhan di medan konflik, Cukurova Defence menawarkan beko versi lapis baja baik untuk dalam negeri maupun ekspor.

Tautan lain: Bozena 4, Sang Penyapu Ranjau Andalan Yonzipur Kostrad

Sebelum tampil di IDEF 2019, sebenarnya ABL 4X4X4 telah ditampilkan di hadapan publik internasional pertama kali dalam pameran persenjataan Eurosatory di Paris, Perancis pada Juni 2018.

BekoCukurova Defence

Fitur unggulan yang ditawarkan oleh Cukurova Defence pada beko militernya, berupa perlindungan lapis baja pada bagian kabin dan kompartemen mesin. Kulitnya mampu menahan tumbukkan peluru senapan serbu kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm.

Tautan lain: Rantis Bima M-31 Pukau Pengunjung Indo Defence 2018, Warga Sipil Bisa Pesan

Hebatnya lantai  ABL 4X4X4 dilapisi bahan komposit yang mampu menahan ledakkan ranjau darat dan IED. Kursi pengendali beko juga didesain khusus sehingga mampu menyerap energi ledakan.

Tautan lain: AD Korea Selatan Tampilkan Rantis Pemburu Tank K-153C Di DX Korea 2018

Dilansir cukurovadefence.com, untuk dapur pacu beko ini menggunakan mesin diesel Cummins berdaya 220 hp dan dilengkapi transmisi otomatis 6 percepatan. Kendaraan dapat melaju hingga kecepatan tertinggi 80km/jam di permukaan datar dan keras.

Beko

Layaknya kendaraan tempur (ranpur) beroda ban, ABL 4X4X4 juga dilengkapi dengan roda jenis ran flat. Meski ban bocor tertembus peluru, beko masih dapat melaju hingga kecepatan 15 km/jam menuju tempat aman.

Sebagai opsional, Cukurova Defence menawarkan penambahan perangkat kamera untuk kesadaran situasional pengendali beko, lalu pelontar granat asap, sistem kontrol kebakaran otomatis, sistem pendingin udara (AC), serta pintu darurat tambahan.

Tautan lain: Cavalier Asal Pakistan Ekspor Perdana Rantis Interceptor 4X4 untuk Bahrain

Mengenai Cukurova Defence, perusahaan mulai didirikan tahun 1968 di Tarsus, Turki. Bidang usaha pertamanya berupa produksi kendaraan pertanian dengan mendapat lisensi dari John Deere , Amerika Serikat.

Beko

Baru pada 1986 perusahaan mulai mengembangkan kendaraan konstruksi sipil seperti backhoe loader, wheel loader, dan excavator dengan merk sendiri Cukurova dan Tarsus. Kapasitas produksinya mencapai 2.000 unit per tahun yang juga diekspor hingga ke 45 negara.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *