Tue. Jul 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Gripen AU Hongaria Akan Pimpin Patroli Udara NATO di Kawasan Baltik

2 min read
Gripen CChris Lofting

ANGKASAREVIEW.COM – Jet tempur Saab Gripen milik Angkatan Udara Hongaria (HUNAF) akan memimpin patroli udara NATO di kawasan Baltik pada Mei mendatang. Pesawat akan ditempatkan di Šiauliai, Lithuania.

Dalam pelaksanaan patroli udara tersebut, Spanyol, Inggris, dan Jerman turut mengerahkan jet tempur andalan masing-masing.

Penugasan armada Gripen AU Hongaria di kawasan Baltik merupakan yang kedua kali setelah yang pertama dilaksanakan tahun 2015.

Tautan: Saab Pastikan Produksi 96 Gripen E/F untuk AU Brasil dan Swedia

Dijelaskan pada laman NATO, Gripen Hongaria akan memimpin kekuatan yang terdiri dari F/A-18 (AU Spanyol), Typhoon (AU Inggris), serta jet tempur dari AU Jerman.

Gripen CSaab

Patroli udara NATO di kawasan Baltik merupakan misi pertahanan perdamaian yang dilaksanakan oleh NATO melibatkan negara-negara anggotanya. Masing-masing negara mengumpulkan kekuatan di bawah payung NATO dengan landasan semangat dan solidaritas sesama anggota.

Tautan: Growler ‘Ganggu’ Gripen dalam Kompetisi di Finlandia, Mana yang Dipilih?

Penempatan detasemen tempur NATO kali ini merupakan yang ke-50 sejak dilaksanakan tahun 2004 guna melindungi wilayah udara di atas Lithuania, Latvia, dan Estonia.

Tautan: Mulai Integrasi Radar dan Mesin, Gripen E untuk Brasil Jalani Perakitan Tingkat Dua

Patroli udara NATO di kawasan Baltik dilaksanakan secara lebih khusus sejak 2014 menyusul tindakan Rusia menganeksasi wilayah Krimea.

flickr

Hungaria menyewa 14 pesawat Gripen dari Saab Swedia sejak 2006. Terdiri dari 12 Gripen C dan 2 Gripen D. Sejak diterima, pesawat langsung digunakan HUNAF dalam berbagai misi.

Tautan: Sistem Jaringan Data Terkoneksi, Thailand Ingin Tambah Armada Gripen

Pada 2012 perjanjian sewa berikut perawatan dan penyediaan jam terbang jet tempur ini dilanjutkan hingga tahun 2026. Pada akhir masa sewanya nanti, armada Gripen tersebut akan menjadi milik HUNAF.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *