Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Bantu Tingkatkan Kapasitas Militer Albania, AS Beri 3 Helikopter Black Hawk

1 min read
UH-60M

ANGKASAREVIEW.COM – Bukan kali pertama Amerika Serikat (AS) memberikan bantuan berupa sistem persenjataan kepada Albania. Setelah sebelumnya memberi sejumlah kendaraan Humvee dan MRAP (Mine-Resistant Ambush-Protected), kini Paman Sam memberi tiga helikopter militer Black Hawk untuk digunakan oleh militer negeri beribukota di Tirana itu.

Pada kunjungannya ke Amerika Serikat Sabtu lalu, Menteri Pertahanan Albania Olta Xhacka menyampaikan kepada media pemberian dari AS tersebut.

Dikatakan, AS memberikan bantuan berupa tiga helikopter Black Hawk untuk meningkatkan kapasitas militer Albania.

Tautan: Kemhan Polandia Beli 4 S-70i Black Hawk untuk Lengkapi Pasukan Khusus Militer

Untuk diketahui, Albania bergabung ke dalam NATO pada 2009. Dengan bantuan AS, negeri di kawasan Balkan yang berbatasan dengan Montenegro dan Serbia tersebut perlahan menyesuaikan sistem kesenjataannya dengan standar NATO.

UH-60M

Dikutip dari AP, penerimaan helikopter ditandatangani oleh Xhacka di New Jersey National Guard. Di tempat tersebut, Xhacka juga diajak terbang menggunakan heli UH-60M Black Hawk milik Angkatan Darat AS (AD AS)

Tautan lain: Filipina Segera Proses Pembelian 16 Heli Black Hawk dan 8 T-129 ATAK

Dengan telah menerima ketiga heli tersebut, selanjutnya AD AS akan memberikan pelatihan kepada para pilot militer Albania. Pemerintah Albania di satu sisi akan membayar sebuah iuran tahunan, namun jumlahnya tidak disebutkan.

Tautan lain: Perkuat Armada Udara Laut, India Ajukan Pembelian 24 Heli MH-60R Seahawk kepada AS

Albania rutin mengirimkan unit-unit kecil angkatan bersenjatanya ke dalam misi perdamaian dunia maupun operasi-operasi yang digelar NATO.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *