Sejak 2005 Saab Pasok Radar Sea Giraffe AMB untuk Kapal-kapal Perang AL AS

LCSUS Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Sejak tahun 2005 industri pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab, telah memasok radar laut Sea Giraffe AMB bagi kapal-kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS).

Belum lama berselang, Saab kembali mendapat pesanan tambahan radar pencarian udara 3D (3D Air Search Radar) Sea Giraffe AMB AN/SPS-77 untuk diinstalasi pada kapal perang terbaru jenis Littoral Combat Ship (LCS), yakni LSC 36 dan LCS 38.

Tautan: Kapal Perang Pesisir USS Manchester (LCS-14) Resmi Berdinas di Jajaran AL AS

Di jajaran AL AS, kedua kapal perang pesisir ini masing-masing akan mendapat nama USS Kingsville (LCS 36) dan USS Pierre (LCS 38).

LCSreddit
Dikutip dari Naval Today (16/4), Saab akan melaksanakan pengerjaan radar pesanan AL AS ini di Syracuse, New York dan di Gotheburg, Swedia.

Setelah itu, AN/SPS-77 akan digunakan juga pada kapal-kapal ekspedisi AL AS dan kapal-kapal patroli lepas pantai kelas Cutter satuan Penjaga Pantai AS (US Coast Guard).

Tautan lain: Saab Perkenalkan Rudal Antikapal RBS15 Gungnir, Sang Tombak Dewa Nordik

Di luar Amerika Serikat, tahun 2017 Filipina telah mendapat persetujuan Pentagon untuk pembelian radar AN/SPS-77 bagi dua kapal perang fregatnya. Pembelian senilai 25 juta dolar AS itu dilaksanakan melalui AS dengan mekanisme Foreign Military Sales (FMS). Filipina melakukan pengajuan pembelian radar AN/SPS-77 pada 2016.

Tautan lain: Kapal Induk Nuklir Amerika Terbaru Telah Siap Beroperasi

USS Carl VinsonUS Navy
Sementara itu, radar turunan dari AN/SPS-77 yakni AN/SPN-50, juga sedang dibangun oleh Saab guna memenuhi pemintaan AL AS akan radar pengatur lalu lintas udara di kapal induk nuklir maupun kapal pendarat kelas LHA/LHD.

AS melakukan pemesanan radar AN/SPN-50 (V)1 kepada Saab pada 2016.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *