Fri. Jul 19th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Punya Ratusan Mi-17V-5, India Resmikan Pusat Perawatan Besar Heli Ini

2 min read
Mi-17-V5Russian Helicopters

ANGKASAREVIEW.COM – India merupakan salah satu negara pembeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) Rusia dalam jumlah banyak. Sistem persenjataan darat maupun udara dibeli dalam jumlah ratusan unit.

Yang terbaru tentu saja rencana pembelian 464 tank tempur utama T-90MS guna melengkapi lebih 2.000 tank T-90M/T-90S Bheeshma yang sudah dimiliki Angkatan Darat India.

Di matra udara, 112 pesawat tempur MiG-21 Bison juga dimiliki. Pesawat era Uni Soviet tersebut hingga kini masih digunakan sebagai pesawat tempur garda depan Angkatan Udara India (IAF). Demikian juga halnya dengan 249 Su-30MKI yang sudah dimiliki dan masih terus dipesan/diproduksi di dalam negeri.

Tautan: Tahun Ini India Akan Tambah 48 Heli Mi-17V-5 dari Rusia

Di sektor armada sayap putar, masih pembelian dari Rusia, India sudah punya 151 Mi-17V-5 hasil akuisisi pada kurun 2008 – 2016. Dari jumlah tersebut 139 di antaranya merupakan versi militer dan digunakan oleh IAF. Sementara 12 lainnya digunakan oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai armada heli angkut paramiliter.

Selain varian Mi-17V-5, IAF tercatat sudah memiliki sekira 45 Mi-17-1V.

Mi-17-V5

Terkait pembelian alutsista berjumlah ratusan tersebut, tentu saja India mendapatkan manfaat tambahan dengan mengembangkan industri dalam negerinya. Sehingga, sebagian dari tank, pesawat, maupun helikopter yang dibeli dari Rusia dibuat di dalam negeri India.

Tautan lain: Ka-226T, Heli Mungil Multifungsi dari Rusia Siap Diakuisisi India 200 Unit

Kebutuhan pertahanan negara yang tinggi, membuat India tak lelah untuk terus meningkatkan kekuatan militernya. India menghadapai ancaman nyata dari negeri tetangga Pakistan dan China di mana jalur diplomasi agak sulit untuk diandalkan sebagai tameng utama pertahanan.

Tautan lain: Beli 197 heli Ka-226T dari Rusia, India akan Produksi 160 Unit

Khusus untuk heli Mi-17V-5, seperti dikutip Jane’s, New Delhi berencana menambah 48 unit lagi heli ini senilai 1,1 miliar dolar AS. Heli akan digunakan untuk mendukung misi-misi di wilayah-wilayah perbatasan yang bergunung-gunung.

Mi-17-V5Istimewa

Dalam kaitan mendukung pengoperasian ratusan heli Mi-17 ini, pada 17 April lalu IAF telah meresmikan pusat pemeliharaan dan perawatan besar Mi-17V-5 di Chardigrarh berjarak 250 km sebelah utara New Delhi.

Tautan: Pentagon Akui Mi-17 Buatan Rusia Lebih Unggul dari Black Hawk

Peningkatan peran industri dalam negeri melalui bidang perawatan atau produksi pesawat, dilakukan India seiring pembelian-pembelian masif alutsista dari negara lain, khususnya Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *