Sun. Jun 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

8 DA40 NG Gabung RAAF, Latih Kadet dan Gaet Inspirasi Generasi Muda Australia

2 min read
DA40 NGDiamond Aircraft

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Australia (RAAF) pada pertengahan tahun ini akan dilengkapi dengan delapan pesawat DA40 NG buatan pabrik Diamond Aircraft Industries, Austria. Pesawat akan digunakan untuk melatih para kadet RAAF hingga terbang solo.

DA40 NG juga akan digunakan untuk menggugah inspirasi generasi muda Negeri Kanguru menjadi pilot.

Untuk misi tersebut, DA40 NG yang berkapasitas empat orang pada setiap akhir pekan atau hari libur sekolah akan terbang ke wilayah-wilayah di belahan Australia bersama para kadet RAAF. Mereka akan memperkenalkan ketarunaan kadet RAAF dan mengajak generasi muda Australia untuk bergabung dengan RAAF.

Tautan lain: TA-20 Mengudara, Pesawat Latih Dasar China Berteknologi Mutakhir

Seluruh delapan pesawat DA40 NG disewa oleh Kementerian Pertahanan Personel Australia dari Airflite untuk jangka waktu 10 tahun. Airflite selama ini menjadi mitra pemelihara pesawat Pilatus PC-9A RAAF dalam kurun tiga dekade terakhir.

Untuk DA40 NG, Airflite juga sekaligus menyediakan perawatan pesawat ini sesuai jangka waktu sewa selama 10 tahun.

AAFC CadetCommonwealth of Australia

Dipilihnya DA40 NG, kata Menteri Pertahanan Personel Hon Darren Chester MP, karena pesawat ini menyajikan teknologi modern untuk standar pelatihan para kadet RAAF.

“Selama sepuluh tahun ke depan, pesawat berteknologi modern ini akan digunakan untuk melatih para kadet RAAF sekaligus menginspirasi generasi muda Australia untuk berkarier di dunia penerbangan,” ujar Chester seperti dikutip dari siaran pers Diamond Aircraft Industries.

Tautan lain: Hurkus-B Mengudara, Turki Siapkan Pesawat Latih Dasar Ini untuk Angkatan Udara

Armada DA40 NG RAAF akan ditempatkan di RAAF Base Amberley (Queensland Selatan), RAAF Base Richmond (New South Wales), dan RAAF Point Cook (Victoria).

AAFC CadetsCommonwealth of Australia

DA40 NG ditenagai satu mesin AE300 berdaya 168 hp buatan Austro Engine, perusahaan satu grup dengan Diamond Aircraft Industries. Selain mesin yang sangat efisien, pesawat ini dilengkapi fitur avionika modern Garmin G1000 NXi. Perangkat ini bisa digunakan untuk instrumental flight rules (IFR).

Tautan lain: Gunakan Pesawat JL-8, Kadet Penerbang AU China Dilatih ‘Stall & Spin Recovery’

DA40 NG mampu terbang hingga jarak 440 mil laut (815 km) dengan kecepatan jelajah di angka 125 knot.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *