Perkuat 10 Resimen AD, India Akan Borong 464 Tank T-90MS dari Rusia

T-90MSAlexey Kitaev

ANGKASAREVIEW.COM – Komite Kabinet untuk Keamanan (CSC) India telah menyetujui rencana pembelian 464 tank tempur utama (MBT) T-90MS dari Rusia oleh New Delhi. Pembelian senilai 1,93 miliar dolar AS itu ditujukan guna memperkuat 10 resimen kendaraan tempur lapis baja Angkatan Darat India.

T-90MS merupakan versi mutakhir dari keluarga tank T-90S yang dibuat oleh pabrik Uralvagonzavod (UVZ) Rusia. India dipastikan akan merakit tank T-90MS yang dikirim dalam bentuk kit dari Rusia melalui industri dalam negeri, Heavy Vehicles Factory (HVF) di Avadi, Chennai, wilayah India bagian tenggara.

Tautan: Semakin Powerful, Brigade Irak Ganti Tank Abrams dengan T-90S

HVF sendiri bukan baru pertama kali membuat tank dari Rusia, karena sebelumnya telah memproduksi 350-400 tank T-90 Rusia berdasar kontrak lisensi yang dibuat pada 2006-2007.

Lalu sebelumnya lagi, pada 2002, HVF juga telah merakit 400-450 T-90S dalam bentuk kit yang dibeli dari Rusia.

T-90ST-90S Bheeshma/Istimewa

Untuk melakukan pembelian tank baru T-90MS, CSC sebagaimana dilaporkan Jane’s, telah melakukan pertemuan pada awal April dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Hasil pertemuan menyepakati rencana pembelian akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan kontrak oleh Kementerian Pertahanan India dan agen tunggal eksportir sistem persenjataan Rusia, Rosoboronexport, dalam beberapa bulan ke depan.

Tautan lain: Butuh 8.000 Rudal Antitank, AD India Sarankan Pemerintah Beli Spike dari Israel

Sementara itu, Badan Akuisisi Kementerian Pertahanan (DAPA) India lebih dahulu telah memberikan lampu hijau untuk rencana pembelian tank ini pada November 2016.

Badan Kerja Sama Teknik-Militer Federal Rusia (FSMTC) mengatakan kepada TASS, Rusia akan memberikan lisensi produksi lebih panjang kepada India dalam hal pembuatan T-90 sehubungan dengan pembelian ratusan tank T-90MS.

Kanon 125 mmKanon 125 mm/Istimewa

“Rusia tentu akan menyiapkan perpanjangan lisensi untuk pembuatan tank T-90 di India terkait rencana New Delhi untuk membeli lebih banyak tank untuk angkatan bersenjatanya,” ujar FSMTC.

Terkait T-90MS, Rosoboronexport menerangkan, tank ini dilengkapi dengan turet baru dan kanon 125mm yang telah ditingkatkan. Tank ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol senjata digital otomatis berkemampuan tinggi.

Tautan lain: Dikirim dari Rusia, Kelompok Pertama 32 MBT T-90SK Tiba di Vietnam

Dengan perangkat tersebut, kru tank T-90MS dapat mengidentifikasi dan menghancurkan sasaran tembak secara lebih akurat baik pada siang maupun malam hari.

T-90MST-90MS/rosoboronexport

T-90MS juga dilengkapi dengan sistem rudal berpemandu untuk menghancurkan target-target lapis baja termasuk yang dilengkapi dengan explosive reactive armour (ERA) hingga jarak 5 km.

Tautan lain: Kemhan Rusia Segera Uji Tank Tempur Utama T-14 Armata

Tank ini juga dilengkapi dengan sistem pelindung kru untuk beroperasi di medan perang atau lingkungan yang mengandung serangan nuklir, biologi, dan kimia.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!