India Tingkatkan Jarak Jangkau Rudal Jelajah Supersonik BrahMos Jadi 500 Km

BrahMosIstimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Rudal jelajah andalan India yang akan melengkapi armada Su-30MKI akan ditingkatkan jarak jangkaunya menjadi 500 km (311 mil). Rudal berkecepatan supersonik ini dikembangkan besama oleh India dan Rusia.

Nama BrahMos diambil dari dua nama sungai, yakni Brahmaputra dan Moskwa. Hal ini merepresentasikan kerja sama kedua negara bersahabat dalam pengembangan rudal berplatform tiga matra ini.

Tautan: India Perlihatkan Prototipe ‘Quad Launcher’ Rudal BrahMos Produksi Dalam Negeri

“Kami akan meningkatkan jarak jangkau rudal jelajah BrahMos dari 400 km saat ini menjadi 500 km. Tidak hanya jarak, kecepatan jelajah pun ditingkatkan dari saat ini 2,8 Mach menjadi 4,5 Mach,” ujar Alexander Masichev, Wakil Direktur BrahMos Aerospace Company kepada Sputnik.

BrahMosNDTV
Bulan lalu, ia juga mengatakan bahwa seri produksi rudal ini segera dimulai.

Tautan: Gunakan ‘Seeker’ Dalam Negeri, India Sukses Uji Rudal Jelajah Supersonik BrahMos

BrahMos dengan kode PJ-10 merupakan rudal jelajah jarak menengah bermesin ramjet supersonik. Rudal penghancur sasaran permukaan ini dapat diluncurkan dari kapal, pesawat, maupun kendaraan peluncur darat. Rudal BrahMos dikembangkan berdasar basis rujal jelajah P-800 Oniks (Yakhont) milik Rusia.

BrahMos

Uji peluncuran rudal BrahMos blok pertama telah dimulai sejak 2004. Angkatan Darat India mulai mengoperasikan rudal ini pada Juni 2007 dan kini terdapat sedikitnya empat resimen AD India yang dilengkapi rudal BrahMos.

Tautan: Ditambah Integrasi Lima Rudal dan Sensor Baru, 44 Su-30MKI Makin Beringas di Udara

Sementara Angkatan Laut India mulai mengoperasikan rudal BrahMos pada 2013. Sedikitnya delapan kapal perang AL India dari jenis kapal perusak dan kapal fregat telah dilengkapi rudal BrahMos.

BrahMosDeccan Herald
Untuk platform udara, uji peluncuran pertama BrahMos dari pesawat dilaksanakan pada 2012 silam. BrahMos untuk Su-30MKI terus menjalani penyempurnaan seiring peningkatan kemampuan jarak dan kecepatan rudal ini.

Jarak jangkau rudal BrahMos terus bertambah dari awal masa produksinya. Dijadwalkan, tahun depan armada Su-30MKI sudah dilengkapi rudal berbobot 2,5 ton untuk versi luncur udara ini (versi luncur darat berbobot 3 ton).

Tautan lain: Coba Su-30MKI, Menhan India Nirmala Sitharaman Tembus Kecepatan Suara

BrahMos Aerospace didirikan sebagai perusahaan patungan NPO Mashinostroyeniya dari Rusia dengan Organisasi Penelitian dan Pengembangan dan Pertahanan (DRDO) India.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *