Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Mewah, Penginapan Mini Berbasis Helikopter Sea King Bekas AL Inggris

2 min read
Sea KingHelicopter Glamping

ANGKASAREVIEW.COM – Pasangan suami istri asal Skotlandia, Martyn dan Louise Steedman, membeli helikopter Sea King ZA127 lalu mengubahnya menjadi penginapan mini mewah atau populer dengan istilah glamping (glamorous camping). Helikopternya sendiri didapat dari sebuah acara pelelangan.

Sobat AR, helikopter Sea King yang sudah tak bisa terbang tersebut dibeli pada Maret 2016 seharga 9.000 dolar AS atau setara Rp126 juta. Setelah menyelesaikan administrasi pembelian, selanjutnya Sea King diboyong lewat jalur darat menuju area perkemahan Mains Farm Wigwams di pedesaan Stirling, Skotlandia.

Tautan lain: Merlin Mk4 Diterima AL Inggris, Kesatria Laut Andalan Commando Helicopter Force

Pasangan ini menghabiskan berbulan-bulan untuk memulihkan banyak fitur asli helikopter Sea King yang sudah rongsok tersebut. Beberapa komponennya yang sudah tak ada kembali dilengkapi. Seperti bilah rotor utama dan rotor ekor yang didapat dari situs lelang eBay.

Tautan lain: Duh Cantiknya, Norwegia Mulai Terima Helikopter SAR AW101 dari Leonardo

Pengerjaan ini termasuk pengecatan ulang eksterior berwarna abu-abu serta penempelan signage asli ala Sea King Angkatan Laut Inggris. Lampu pencahayaan Sea King juga dihidupkan lagi, sehingga tatkala dinyalakan pada malam hari seolah helikopter terlihat akan mengangkasa.

Sea King

Ruang interior Sea King sepanjang 7 meter dikonversi dapat menampung maksimal lima tamu (dua dewasa dan tiga anak). Tersedia tempat tidur ganda dan tempat tidur tunggal di bagian ekor. Selanjutnya ruang tamu dengan tempat duduk yang dapat diubah menjadi tempat tidur tambahan yang cocok untuk dua anak.

Agar suasana terasa hangat, dinding kabin dilapis menggunakan panel kayu dengan penyekat dari bahan wol. Selain tempat istirahat dan tidur, dalam kabin Sea King juga tersedia dapur di buritan dan kamar mandi dengan memanfaatkan bekas stasiun sonar.

Tautan lain: Helikopter Misterius Milik SAS Inggris (Rahasia Kehebatan Pasukan SAS – Bagian 4)

Selanjutnya area kokpit disulap menjadi lounge yang spektakuler, sehingga para tamu dapat minum dan bercengkrama sembari menikmati pemandangan indah yang menghadap ke Carse of Stirling hingga Fintry Hills.

Sea King

Tersedia juga pintu ganda pada tengah kabin yang bisa dibuka lebar di mana para tamu dapat bersantai dan menikmati pemandangan lanskap sekitarnya baik di suasana pagi, siang, maupun malam hari.

Secara keseluruhan pasangan Martyn dan Louise Steedman menghabiskan dana sekira 52.000 dolar AS atau setara Rp728 juta. Total biaya tersebut sudah termasuk harga pembelian awal helikopter hingga biaya mengonversinya menjadi penginapan mini.

Tautan lain: Ditempatkan di RAF Odiham, AU Inggris Resmi Operasikan Simulator Chinook Mk 6

Bagi para tamu yang berminat menyewa “Helicopter Glamping” ini harus rela merogoh kocek 195 dolar AS atau sekira Rp2.730.000 per malam. Sebuah harga yang layak, karena selain dapat tidur dalam heli kebanggan AL Inggris ini, para tamu juga dapat menikmati kegiatan luar ruangan seperti hiking, bersepeda, dan wisata sehari ke Loch Lomond dan Taman Nasional Trossachs.

Sea KingHelicopter Glamping

Bagaimana dengan Sobat AR, berminatkah untuk bermalam dan terbang bersama mimpi dalam heli Sea King tersebut? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat mengunjungi langsung situs helicopterglamping.com.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *