Garda Udara Nasional New York Dilengkapi HC-130J Combat King II

HC-130 Combat KingTodd R. McQueen

ANGKASAREVIEW.COM – Wing Pertolongan (RQW) 106 Garda Udara Nasional New York telah dilengkapi dengan satu unit pesawat HC-130 Combat King II. Pesawat diserahkan oleh pihak pabrikan Lockheed Martin dan diumumkan pada 21 Maret lalu.

Ini merupakan pesawat pertama yang diserahkan dari empat unit yang dipesan 106th RQW.

Selanjutnya, pesawat akan digunakan oleh Skadron Pertolongan 102 di Francis S. Grabreski Air National Guard Base yang merupakan bagian dari RQW 106.  Sebelumnya, skadron ini mengoperasikan HC-130P/N Combat King I.

Tautan lain: AC-130J Block 30 Ghostrider Pertama Diterima Komando Operasi Khusus AU AS

Secara spesifik Sobat AR, Combat King II merupakan pesawat dukungan operasi SAR Tempur (Combat SAR) multiperan.

Combat King IIUSAF
Pesawat selain digunakan untuk melakukan pencarian dan pertolongan, juga berfungsi sebagai tanker untuk pengisian bahan bakar di udara bagi helikopter CSAR (HH-60G Pave Hawk), pengiriman personel pararescue, pengiriman paket-paket kecil, perahu penyelamat, kendaraan roda empat segala medan, dan sebagainya.

Tautan lain: Pesawat C/KC-130J Perdana AU Perancis Tiba di Orléans-Bricy

HC-130J merupakan varian dari C-130J Super Hercules. Pesawat yang didesain khusus ini mulai digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pada 2010. USAF memesan 11 Combat King II pada pertengahan 2008.

Secara keseluruhan, Amerika Serikat menjadi pengguna terbanyak pesawat C-130J Super Hercules yang kini telah diproduksi lebih dari 400 unit.

Tautan lain: Bangladesh Modifikasi 2 C-130J Bekas Pakai AU Inggris

Super Hercules digunakan oleh beragam satuan seperti Komando Mobilitas Udara, Komando Operasi Khusus Angkatan Udara, Komando Tempur Udara, Garda Pantai AS, Korps Marinir, Garda Udara Nasional, dan lainnya.

Adapun RQW 106, dengan motto ‘That Others May Live’ tidak hanya melayani misi pencarian dan pertolongan di New York saja. Melainkan, dapat melaksanakan tugasnya hingga ke seluruh pelosok sesuai perintah.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *