Dua Jet Tempur Tejas Bergerak ke Langkawi, JF-17 Thunder Tidak Hadir di LIMA 2019

TejasIAF

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara India (IAF) melalui akun twitter-nya pada Jumat (22/3) memastikan bahwa dua jet tempur Tejas telah bergerak dari Pangkalan Udara Kalaikunda di Bengal Barat menuju Malaysia. Kedua jet tempur kebanggaan dalam negeri India ini akan tampil di ajang Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition 2019 pada 26-30 Maret mendatang.

Pergerakan kedua Tejas ke Langkawi didukung oleh pesawat angkut Il-76 dan C-130J. Dalam akun twitter-nya tersebut, IAF juga memperlihatkan emblem khusus kehadiran Tejas di ajang pameran maritim dan kedirgantaraan internasional dua tahunan tersebut.

Tautan: Tejas Akan Tampil Perdana di LIMA 2019 Malasyia Maret Mendatang

Selain Tejas, satu kompetitor lain dalam kompetisi pencarian pesawat tempur ringan (LCA) yang digelar Malaysia, yakni Yak-130 Mitten dari Rusia, dipastikan panitia bakal hadir. Tejas dan Mitten keduanya akan tampil secara statik maupun dinamik.

Tejas

Sementara itu, jet tempur hasil racikan Pakistan-China JF-17 Thunder dipastikan tidak hadir di LIMA 2019. Dalam daftar pesawat yang dirilis panitia pun tidak tercantum jet tempur mesin tunggal yang namanya melambung saat terjadi perang udara antara India dan Pakistan beberapa waktu lalu ini.

Tautan: Muncul Perdana, Tejas AF Mk 2 MWF Calon Pengganti Mirage 2000 AU India

Ketidakhadiran JF-17 yang di China bernama FC-1 Xiaolong disayangkan panitia. Para pelaku industri, calon pengguna, maupun pengunjung yang sejak awal ingin menyaksikan kehebatan “Sang Petir” di LIMA 2019 jadi tidak terwujud.

Permintaan JF-17 untuk hadir di LIMA 2019, sebelumnya bahkan telah disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang

saat mengunjungi pameran IDEAS di Karachi, November tahun lalu.

Tautan: Catat, Pameran Dirgantara di LIMA 2019 Dibuka untuk Umum pada 29-30 Maret

Diwartakan defenseworld.net yang mengutip sumber dari pihak Malaysia, alasan ketidakhadiran JF-17 di LIMA 2019 bisa jadi dikarenakan pesawat ini akan tampil dalam perayaan Hari Nasional Pakistan pada 23 Maret.

Tautan: LCA Mk 2 Navy, Tejas Generasi II AL India di Persimpangan Jalan (Bagian 1)

Dalam perayaah hari nasional itu, akan hadir Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sebagai tamu utama.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!