Iran Perkenalkan Ranpur Terbaru Howeizeh di Irak

Howeizeh 2Army Recognition

ANGKASAREVIEW.COM – Meski pernah menjadi peseteru dalam “Perang Iran-Irak”, kini kedua negara bertetangga tersebut kembali menjalin hubungan baik. Iran tak segan hadir dalam pemeran pertahanan internasional IQDEX (International Defence Exhibition in Iraq) yang berlangsung di kota Bagdad, Irak pada  9 hingga 12 Maret 2019 lalu.

Sobat AR, salah produk andalan yang dipamerkan oleh industri pertahanan Iran adalah kendaraan tempur (ranpur) roda rantai serbaguna yang dinamai Howeizeh. Ranpur Howeizeh dikembangkan oleh perusahaan milik negara Defense Industries Organization (DIO).

Tautan lain: Iran Luncurkan Ranpur MRAP Toufan Buatan Dalam Negeri

Iran memang tak memboyong langsung unit Howeizeh ke dalam pameran, namun mempresentasikannya lewat tayangan video pada stand DIO. Sebelum di diperlihatkan di IQDEX, keberdaan Howeizeh sendiri telah diketahui saat mengikuti latihan militer ‘Great Prophet 11’ pada Februari 2017 yang diwartakan media lokal.

Dilansir armyrecognition.com, ranpur Howeizeh selain dikembangkan sebagai kendaraan angkut personel (APC), juga hadir dalam versi pengusung senjata antipesawat bersenjatakan kanon otomatis tunggal kaliber 23 mm. Varian lainnya terlihat dengan mengusung rak roket multi laras jarak dekat.

Tautan lain: Mesir Tampilkan Ranpur MRAP ST-100 & ST-500 di Pameran Senjata EDEX 2108

Secara tampilan desain ranpur Howeizeh menganut pakem konvensional. Kompartemen depan sebelah kiri adalah ruang pengemudi yang bersebelahan dengan rumah mesin di bagian kanan. Sementara bagian tengah ke belakang adalah ruang serbaguna termasuk tempat duduk pasukan berada.

Howeizeh-1Howeizeh Gen I/MEHR News

Para prajurit memasuki dan meninggalkan kendaraan melalui pintu rampa besar yang dioperasikan secara hidrolik yang terletak di bagian belakang lambung terbuka ke arah bawah. Khusus di bagian atap pengemudi tersedia pintu palka.

Tautan lain: Kader Factory Tampilkan Keluarga Ranpur MRAP Temsah

Disebutkan, tingkat perlindungan balistik Howeizeh mampu meladeni gempuran peluru senapan serbu ringan kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm. Kulit baja kendaraan ini juga dapat bertahan dari tumbukan serpihan proyektil artileri.

Sobat AR, ranpur Howeizeh yang disiarkan di IQDEX berbeda dengan generasi sebelumnya yang pernah diperlihatkan oleh DIO pada Sepetember 2012. Meski menyandang nama yang sama, bentuknya lebih kecil dan hanya dikembangkan sebagai pengangkut pasukan.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!