Kirim 4 Siswa Doktoral Tahun Ini, STPI-ENAC Matangkan Tiga Agenda Kerja Sama Pendidikan

STPISTPI

ANGKASAREVIEW.COM – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug akan mengirimkan minimal empat dosennya pada tahun ini untuk mengikuti program pendidikan doktoral (Ph.D) di Ecole National de l’Aviation Civile (ENAC), Toulouse, Perancis. Program dijadwalkan dimulai pada September mendatang.

Pengiriman empat dosen untuk meraih gelar doktoral di ENAC Perancis, dibiayai menggunakan beasiswa dari negara melalui STPI. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka persiapan penyelenggaraan pendidikan bidang penerbangan Strata-2 (S2) di STPI Curug, Tangerang, Banten.

Tautan: Tepat Waktu, Tiga Dosen STPI Curug Lulus Pendidikan S2 Master Spesialis di ENAC Perancis

STPI sendiri mencanangkan pengiriman 10 dosennya untuk mengikuti program pendidikan S3 bidang penerbangan ke sejumlah kampus penerbangan di luar negeri. Selain ke ENAC Perancis, STPI antara lain membidik kampus penerbangan Embry-Riddle Aeronautical University di Amerika Serikat.

ENACSTPI

Delegasi STPI yang dipimpin oleh Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi pada Jumat (15/3/2019) telah melakukan pertemuan dan pembahasan mematangkan program kerja sama ini dengan pihak ENAC di Kampus ENAC, Toulouse.

Tautan lain: 50 Karyawan AirNav Indonesia dan 9 Karyawan DCA Brunei Ikuti Kursus Kompetensi di STPI

Kedatangan delegasi STPI diterima langsung oleh Presiden ENAC Olivier Chansou didampingi Manajer Pengembangan Bisnis ENAC Fabrice Fabre dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

STPISTPI

Tiga agenda program kerja sama dibahas secara detail dalam tiga sesi pembicaraan selama kurang lebih empat jam.

Ketiganya adalah, program pengiriman dosen STPI untuk program doktoral (Ph.D) di ENAC, pengiriman Instruktur Penerbang (IP) STPI untuk mengikuti program Upset Prevention and Recovery Training (UPRT) di ENAC Flight Academy Carcasonne, dan program penyelenggaraan bersama pendidikan Human Factor dan Safety Management Systems.

Tautan: Kejar Level Eropa, STPI Siapkan Pengiriman Instruktur Pilot ke ENAC Perancis untuk Program Upset Recovery

Sejumlah poin pembahasan berhasil disepakati oleh kedua belah pihak untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada bulan depan serta penandatanganan kontrak kerja sama sebelum bulan September tahun ini.

STPISTPI

Presiden ENAC Olivier Chansou menyambut baik hasil kesepatakan untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak.

Ia menekankan, bahwa penyelenggaraan pendidikan oleh ENAC menekankan pada kualitas lulusan dan semoga kerja sama dapat dikembangkan lebih luas lagi.

Tautan lain: BPSDM Perhubungan Dukung dan Bantu Pemerintah Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Sementara Ketua STPI Capt. Novianto Widadi berharap, melalui kerja sama STPI-ENAC dapat meningkatkan sumber daya manusia baik dosen maupun instruktur yang dimiliki oleh STPI Curug serta kualitas lulusan STPI agar para lulusan STPI menjadi lulusan unggulan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dwi Lestary

 

editor: raider

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!