Thu. Jul 11th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Bekal ke Medan Laga, Semua Prajurit Rusia Akan Dipersenjatai Peluru Penembus Baja

2 min read
Tentara RusiaTASS

ANGKASAREVIEW.COM – Selama berpuluh tahun pasukan militer Rusia sangat dikenal keganasannya ketika bertempur menggunakan senjata andalan yang sangat khas, yaitu senapan serbu AK-47.

Mentalitas pasukan tempur Rusia yang demikian berani sebenarnya terbentuk secara terpaksa ketika  mereka dengan gigih bertempur melawan pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia II.

Demi mempertahankan Moskow agar tak jatuh ke tangan pasukan Nazi, pasukan Rusia yang bertempur di Stalingrad tetap harus maju bertempur meski hanya memiliki amunisi terbatas.

Tautan lain: Mengenal Pindad SPR-2, Senapan Antimaterial Karya Anak Bangsa

Bagi prajurit Rusia yang terpaksa mundur karena takut, akan langsung ditembak mati oleh komandannya. Akhirnya semua prajurit Rusia hanya memiliki satu pilihan. Maju terus meski harus meregang nyawa.

AK-12Reuters

Mentalitas prajurit Rusia yang nekat bertempur itu memang membuahkan hasil karena pasukan Nazi Jerman akhirnya berhasil dipukul mundur dan dikalahkan.

Kemenangan Rusia atas pasukan Nazi Jerman pada PD II selalu diperingati setiap tahunnya agar semangat tempur pantang mundur itu terus terpelihara hingga kini.

Tautan lain: Senapan Serbu Lama di Militer Rusia Akan Digantikan oleh AK-12 dan AK-15

Ketika pasukan Rusia mulai menggunakan AK-47, kombinasi mentalitas yang pantang mundur dan keganasan senapan serbu AK-47, telah menciptakan pasukan Rusia yang sangat tangguh. Paling tidak, musuh besar Rusia, yakni Amerika Serikat telah merasakan keganasan AK-47 sewaktu bertempur di Vietnam (1955-1975).

AK-47 bahkan menjadi simbol para kombatan yang ingin memerdekakan diri dari para penguasa hingga di seluruh penjuru dunia.

Prajurit RusiaRussian MoD

Dilansir TASS, kini untuk melengkapi senapan serbu terbaru AK-74 dan AK-12 Rusia telah menciptakan peluru yang mampu menembus baja, yaitu 7N39 dan 7N40. Peluru ini disiapkan bagi para prajurit reguler Rusia yang akan bertempur di medan laga.

Tautan lain: Heckler and Koch Perkenalkan Magazine Baru untuk Dua Senapan HK

Kartrid 7N39 yang dinamai Igolnik mampu menembus lapisan baja setebal 5 mm dari jarak 550 meter. Sementara kartrid 7N40 memiliki kecepatan 1,5 kali peluru biasa berkat peningkatan densitas mesiu.

Dengan peluru yang diproduksi oleh TsNIITochMash ini disinyalir para prajurit Beruang Merah makin percaya diri dan tentu makin diperhitungkan lawan-lawannya.

A Winardi

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *