Dilengkapi Toilet, Awak Tank Armata Jadi Lebih Nyaman Operasikan Monster Darat Rusia Ini

ArmataValeriy Sharifulin/TASS

ANGKASAREVIEW.COM – Salah satu masalah yang selama ini dihadapi oleh para awak tank dalam peperangan adalah soal buang hajat. Dalam Perang Dunia II dan juga pada peperangan berikutnya, para awak tank umumnya telah dilengkapi toilet duduk portable. Akan tetapi, sewaktu buang hajat kru bersangkutan tetap harus keluar dari tank sehingga rawan dari sergapan musuh.

Untuk buang air kecil, para kru tank biasanya melengkapi diri dengan peralatan berupa botol bekas air minum sehingga tidak perlu keluar dari tank saat hendak mengeluarkan air seni.

Tautan lain: Uruguay Akan Terima 100 Tank T-72B1MS ‘White Eagle’ dari Rusia

Oleh karenanya, keberadaan botol-botol bekas di dalam tank ternyata demikian penting sehingga sampai muncul lelucon bahwa tanpa botol bekas air para kru tank tidak ada gunanya. “Without my water-bottle I’m nothing,” demikian ungkapan yang sering dilontarkan kru tank.

Mengingat keberadaan toilet dalam tank bisa menentukan kemenangan perang, Rusia yang sedang memproduksi tank generasi paling baru, yakni T-14 Armata, berencana melengkapinya dengan toilet.

Tautan lain: Ukraina Luncurkan Tank T-64 Hasil Peningkatan Kemampuan

Toilet tersebut akan ditempatkan di bagian paling belakang bodi tank.

 

T-14 ArmataVitaly V. Kuzmin

Menurut Ilya Baranov, Director for Quality and Information Technologies yang menangani produksi tank Armata, di dalam tank para awaknya memang telah disediakan logistik makanan dan minuman selama bertempur.

Saat istirahat para awak tank yang sengaja membawa peralatan masak sendiri juga sering melakukan kegiatan memasak lalu makan bersama di depan tank yang menjadi kebanggaannya.

Tautan lain: SPAAG 76 mm Berpenggerak 10X10 Ditampilkan Perdana di Zhuhai Air Show 2018

Akan tetapi, kebutuhan buang hajat bagi para awak tank yang merupakan kegiatan normal setiap harinya juga harus dipenuhi sehingga di dalam tank pun perlu dilengkapi toilet.

“Buang hajat merupakan aktivitas normal yang tidak bisa dielakkan oleh para kru tank. Untuk itu Armata telah menyediakannya sehingga dalam pertempuran para awak tank tidak lagi mengalami kesulitan saat akan buang hajat,” papar Baranov dikutip dari rt.com.

Tautan lain: Akhirnya, Kemhan Resmi Pesan Tank Boat X18 Antasena Buatan Lundin

Dengan adanya toilet di dalam Armata, tank tempur utama T-14 yang diklaim paling canggih di dunia ini sekaligus menjadi tank pertama di dunia yang akan dilengkapi toilet.

A Winardi

 

editor: raider

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!