Akan Tampil di LIMA 2019, Jupiters Diharap Kembali Harumkan Nama Bangsa

The JupitersJupiter Aerobatic Team IG

ANGKASAREVIEW.COM – Tim Aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team atau The Jupiters dijadwalkan akan tampil dalam ajang pameran internasional kemaritiman dan kedirgantaraan Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition 2019 di Langkawi, Malaysia pada 26-30 Maret mendatang.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan hal itu kepada Angkasa Review, Jumat lalu di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kadispenau berharap, kehadiran Jupiters di ajang dua tahunan LIMA Malaysia tahun ini, kembali dapat mengharumkan nama TNI AU dan Indonesia pada umumnya.

The Jupiters sebelumnya pernah tampi di luar negeri seperti di Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Tautan: Tiba di Lanud SMH, Masyarakat Palembang Antusias Sambut Tim JAT

Dua tahun lalu, The Juipters yang tampil di LIMA 2017 mendapat sambutan dan apresiasi yang luar biasa.

Jupitersadmin | Angkasa Review

“Bahkan dari pemerintah Malaysia sendiri, waktu itu Menteri Pertahanan Malaysia hadir langsung dan menyampaikan apresiasinya kepada tim Jupiters di Langkawi. Menhan Malaysia saat itu sekaligus mengharapkan kehadiran kembali The Jupiters di event selanjutnya, yaitu pada tahun ini,” ujar Samyoga yang saat itu menjabat Komandan Lanud Adisutjipto dan memimpin The Jupiters di LIMA 2017 sebagai Mission Commander.

Tautan: Mantan Mission Commander Tim Aerobatik Jupiters Dilantik Menjadi Kadispenau

Setahun berikutnya, penerbang Hawk Mk.53 dan Hawk 100/200 ini kembali memimpin The Jupiters di ajang Singapore Airshow 2018.

JupitersJupiter Aerobatic Team IG

Di Negeri Singa, The Jupiters mengharumkan nama bangsa melalui penampilan sejumlah manuver yang memukau, termasuk manuver-manuver baru, dan kembali mendapat apresiasi yang besar baik dari penyelenggara maupun pengunjung.

Tautan: Black Eagle Off, Panita Singapore Airshow Minta JAT Tampil Tiap Hari

Pada tahun ini, menindaklanjuti permintaan dari pemerintah Malaysia, rencana tampilnya Jupiters di LIMA 2019 sudah disampaikan kepada KSAU Marsma TNI Yuyu Sutisna. KSAU, lanjut Samyoga, sudah menyetujuinya.

JupitersJupiter Aerobatic Team IG

“Tentunya dengan mengedepankan profesionalitas dalam pelaksanaannya nanti,” jabar Kadispenau menirukan ucapan KSAU.

Tautan: Wejangan KSAU untuk Tim Jupiters Sebelum Berangkat ke Singapore Airshow

Untuk tahun ini, The Jupiters akan dipimpin oleh Marsma TNI Bob H. Panggabean selaku Mission Commander yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Lanud Adisutjipto.

Mengemban jabatan sebagai Mission Commander, sepengalaman Samyoga, merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab yang tidak main-main. “Karena, tidak hanya membawa Jupiters-nya saja, namun juga membawa nama baik bangsa dan negara ke negara tetangga,” urai Samyoga.

Tautan: Persahabatan di Udara, Duet Maut Tim Aerobatik Jupiters & Black Eagles

The Juipters diawaki oleh para Instruktur Penerbang TNI AU di Skadron Pendidikan 102, Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Tim aerobatik berkelir Merah Putih yang terdiri dari enam pesawat penampil ini menggunakan pesawat Latih Dasar KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!