Fri. May 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

AC-130J Block 30 Ghostrider Pertama Diterima Komando Operasi Khusus AU AS

2 min read
C-130J Block 30AFSOC

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat angkut militer bersenjata (gunship) terbaru AC-130J Block 30 Ghostrider yang merupakan pesawat hasil modifikasi dari C-130J Super Hercules telah diterima oleh Skadron Operasi Khusus ke-4 (4th Special Operation Squadron) Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Skadron yang berada di bawah naungan Wing Operasi Khusus ke-1 (1st Special Operation Wing) di Hurlburt Field ini menerima AC-130J Block 30 Ghostrider guna menggantikan peran AC-130U Spooky yang telah mengabdi selama 20 tahun.

Tautan lain: Dipasangi Dua Tangki Eksternal, C-130J Super Hercules RAAF Makin Super Terbangnya

Block 30 merupakan peningkatan dari versi terdahulu yakni AC-130J Block 20 Ghostrider yang diserahterimakan tahun 2015.

Foto-foto seremoni penerimaan AC-130J Block 30 diunggah di laman twitter AFSOC pada 7 Maret lalu.

GhostriderAFSOC

Dibandingkan dengan Spooky yang berbasis pesawat C-130 konvensional, Ghostrider sudah dilengkapi dengan avionik, sistem navigasi, dan perangkat serang presisi.

Tautan: Dimodifikasi Jadi Ghostrider, Lockheed Kirimkan C-130J ke-400

Dalam hal senjata, pesawat yang dilengkapi dengan dua sensor elektro-optik infra merah ini dilengkapi kanon kaliber 30 mm dan kaliber 105 mm, rudal udara ke darat AGM-176A Griffin, radar apertur sintetik, dan bom diameter kecil GBU-39.

GhostriderAFSOC

Sensor yang melengkapi Ghostrider berguna untuk mengarahkan persenjataan secara presisi ke sasaran-sasaran darat yang akan dilahapnya meski dalam cuaca buruk.

Tautan lain: Luar Biasa, LM-100J Bisa Samai Pesawat Tempur Bikin Manuver Loop

Sebagai pesawat generasi modern, Ghostrider juga dilengkapi sistem jaringan manajemen tempur serta sistem komunikasi dan kewaspadaan situasional terkini.

Merujuk pada informasi yang dimuat defence-blog.com, South Santa Rosa News menulis Ghostrider mulai digunakan dalam kedinasan sejak 2017 oleh Skadron Operasi Khusus ke-73. Skadron ini menjadi skadron pengguna AC-130J pertama.

Tautan lain: Pesawat C/KC-130J Perdana AU Perancis Tiba di Orléans-Bricy

Usai diserahterimakan AC-130J Block-30 selanjutnya akan menjalani masa masa uji coba selama setahun sebelum nantinya dinyatakan siap diturunkan dalam medan pertempuran sesungguhnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *