Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Gantikan Safaron, Pasukan Pertahanan Israel Akan Dapatkan Panther APC

2 min read
Pantherynet

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan mendapatkan kendaraan lapis baja angkut pasukan (APC) baru. Seperti diwartakan oleh situs ynet.co.il, kendaraan yang dijuluki Panther ini akan menggantikan APC model lawas Safaron.

Sobat AR, dipilih sebagai basis untuk pengembangan Panther adalah truk taktis FMTV buatan Oshkosh Defense dari Amerika Serikat (AS). Sementara Safaron APC yang digantikannya menggunakan basis truk Navistar International juga buatan AS.

Tautan lain: Cari Cap Battle Proven di Suriah, AD Rusia Kerahkan MRAP Typhoon-K

Panther dirancang dengan menggabungkan kecepatan dan kelincahan manuver sehingga dapat mencapai sasaran dengan waktu yang singkat. Panther digunakan untuk menghadapi konfrontasi intensitas rendah seperti menghadapi huru hara.

Safaron APCSafaron APC/wikipedia

Layaknya kendaraan APC modern, Panther dapat diubah dengan cepat untuk beragam misi. Sebagai APC dapat mengangkut 14 pasukan, sedangkan sebagai kendaraan evakuasi medis dapat membawa 2-6 tandu. Selain itu Panther dapat difungsikan juga sebagai kendaraan komando dan patroli.

Tautan lain: Israel Lengkapi Ranpur Eitan dan Namer dengan Senjata Antitank Mandiri

Kulit lapis baja Panther mampu menahan tumbukan peluru senapan serbu kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm. Perlindungan balistiknya dapat ditingkatkan dengan menambahkan armor add-on untuk meladeni munisi kaliber besar hingga 12,7 mm.

Kendaraan berbobot 14 ton ini menggunakan dapur pacu mesin diesel Caterpillar CAT C7 kapasitas 7.200 cc berdaya 275 hp. Panther dilengkapi transmisi otomatis 7 percepatan Allison 3700 SP. Kecepatan maksimumnya sekitar 94 km/jam dengan jangkauan operasi sekitar 480 km.

Tautan lain: Kader Factory Tampilkan Keluarga Ranpur MRAP Temsah

Sobat AR, menurut informasi yang disiarkan situs resmi Kementerian Pertahanan Israel, disebutkan sebanyak 200 unit truk FMTV dibeli dari Oshkosh Defense dengan nilai kontrak 200 juta dolar AS. Sekira 100 unit di antaranya akan diubah menjadi PantherAPC.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *