Ukraina Bangun Pabrik Perakitan Ranpur Lapis Baja di Myanmar

BTR-4Kharkiv Morozov

ANGKASAREVIEW.COM – Dalam waktu dekat Ukraina akan membangun pusat perakitan/pabrik kendaraan tempur (ranpur) lapis baja di Myanmar. Kesepakatan tertuang dalam nota kerja sama antara Ukrspecexport (Badan Ekspor/Impor Militer Ukraina) dengan pemerintah Myanmar yang ditandatangani.

Mengutip informasi dari salah satu sumber, seperti ditulis defence-blog.com, pihak Ukraina saat ini telah mengirimkan sejumlah perlengkapan dan mesin-mesin khusus untuk proses pembangunan fasilitas tersebut.

Tautan lain: Lazar 3, Ranpur 8X8 Multiperan Terbaru Angkatan Bersenjata Serbia

Tidak hanya itu, sejumlah komponen rakitan ranpur lapis baja juga telah dikirimkan ke Myanmyar. Di antaranya adalah kendaraan pengangkut pasukan (APC) BTR-4U 8X8 dan howitzer 2S1U SPH.

Direncanakan, mulai paruh kedua tahun depan fasilitas yang sekaligus menjadi pabrik ranpur ini akan mulai melaksanakan produksinya.

BTR-4Uvia defence-blog.com

Sobat AR, untuk diketahui kedekatan antara Myanmar dengan Ukraina telah terjalin lama. Myanmar merupakan salah satu pengguna terbesar alutsista buatan Ukraina warisan Uni Soviet. Demikian juga dengan proses perakitan ranpur lapis baja buatan Ukraina di Myanmar bukanlah hal baru.

Tautan lain: Rantis K4386 Typhoon-VDV Segera Lengkapi Pasukan Linud Rusia

Tahun 2004 misalnya diberitakan, Myanmar telah berhasil merakit 600 BTR-3U APC dan 200 MT-LB MsH IFV di dalam negeri. Hal ini menyusul pembelian 1.000 kendaraan angkut lapis baja oleh Nay Pyi Taw kepada Kiev.

Tautan lain: MT-LB Shturm-SM-2, Tank Penghancur Berbasis AFV Amfibi Buatan Ukraina

Namun demikian, merujuk pada beberapa sumber, jumlah pasti ranpur yang dimiliki oleh Myanmar ini tidak disebutkan atau tidak diketahui (number unknown).

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!