Ketika Kendaraan Tempur Infanteri Terjebak di Lumpur Tanah Liat yang Dalam

VBCI1er REG

ANGKASAREVIEW.COM – Militer Perancis yang telah ditopang oleh kemandirian industri pertahanannya dikenal memiliki alutsista canggih, seperti tank dan panser. Sebut misalnya tank Leclerc, panser VAB, maupun kendaraan tempur infanteri VBCI. Tank MBT Leclerc yang merupakan produksi tahun 1980-an menjadi tank legendaris Perancis dan sudah sukses diekspor ke berbagai negara.

Sementara panser VAB Perancis menjadi acuan utama PT Pindad ketika memproduksi panser Anoa. Mesin Anoa pun menggunakan mesin produksi Renault dari Perancis.

Militer Perancis selain mengoperasikan panser VAB juga mengoperasikan kendaraan tempur infanteri (Infanty fighting Vehicle/IFV) yakni VBCI (Véhicule Blindé de Combat d’Infanterie – kendaraan tempur infanteri lapis baja) yang dikenal tangguh di semua medan pertempuran.

Tautan lain: Panser Badak Pindad Segera Masuk Jalur Produksi

Selain dilengkapi semua persenjataan untuk kepentingan tempur pasukan infanteri, IFV berbobot 30 ton dan beroda delapan ban ini juga memiliki rangka dari titanium sehingga sangat kuat.

VBCI1er REG

Berdasar pengalaman tempur di kawasan Eropa yang suhunya bisa sangat ekstrem saat musim dingin, VBCI yang dikenal berfasilitas nyaman ini juga bisa dioperasikan pada suhu hingga -50C.

Tautan lain: Centauro 2 MGS, Panser Kanon 8X8 Baru Andalan AD Italia (Bagian 1)

VBCI dibuat oleh Giat Industries yang kini menjadi bagian dari Nexter Systems dan Renault VI (Renault Trucks). Dalam operasionalnya kemudian VBCI berfungsi untuk menggantikan AMX-10P.

Sebagi ranpur yang telah terbukti kemampuannya di berbagai medan tempur seperti Afganistan, Mali, dan Libanon, ribuan VBCI masih dioperasikan baik untuk misi latihan perang maupun misi tempur oleh Angkatan Darat Perancis hingga saat ini.

VBCI1er REG

Namun dalam latihan perang di Perancis bulan lalu, VBCI ternyata masih memiliki kendala. Ketika sedang melintasi medan berlumpur yang hampir membenamkan seluruh rodanya, VBCI terjebak dan tidak bisa melintas.

Tautan lain: Ranpur Generasi Baru RG-41, Kawin Silang Panser Roda dan MRAP

Foto-foto terjebaknya panser VBCI dalam lumpur diunggah di oleh akun Facebook 1st Foreign Engineer Regiment pada 28 Februari lalu.

Akhirnya ranpur ini pun terpaksa ditarik menggunakan traktor untuk membebaskannya dari jebakan lumpur tanah liat yang membuatnya tak bisa bergerak dengan tenaga sendiri.

A Winardi

 

editor: raider

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!