C-27J Spartan Ditawarkan Jadi Pengganti C-130H Selandia Baru

SpartanYoutube

ANGKASAREVIEW.COM – Leonardo dan Northrop Gumman Australia berkolaborasi menawarkan pesawat angkut taktis C-27J Spartan kepada Selandia Baru guna menggantikan peran pesawat angkut lawas C-130H Hercules yang sudah digunakan Negeri Kiwi selama 54 tahun.

Angkatan Udara Selandia Baru (RNZAF) mengoperasikan tiga unit C-130H sejak tahun 1965 ditambah dua unit yang sama sejak 1968.

Kolaborasi Leonardo dan Northrop Grumman Australia selain menawarkan C-27J untuk RNZAF, juga menawarkan dukungan pemeliharaan, suku cadang, dan peningkatan kemampuan (upgrade) C-27J.

Sebelumnya, perusahaan asal Italia dan Amerika Serikat itu telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait hal tersebut pada 26 Februari lalu.

Tautan lain: Israel Modifikasi Armada C-130 Hercules Mereka

Sobat AR, untuk diketahui RNZAF membuka tender bagi pengadaan pesawat pengganti C-130H melalui program Kapabilitas Mobilitas Udara Masa Depan (FAMC).

Dikutip dari laman Leonardo Company, Leonardo yang awalnya bernama Alenia Aeronautica/Aermachhi ini akan bertugas memasok C-27J, sementara Northrop Gumman Australia yang berbasis di RAAF Base Richmond akan menawarkan layanan perawatan, pasokan komponen elektronik pesawat, dan upgrade.

Tautan lain: Bangladesh Modifikasi 2 C-130J Bekas Pakai AU Inggris

Northrop Grumman Australia sejauh ini dikenal sebagai perusahaan pemasok pesawat di kawasan regional sekaligus penyedia komponen elektronik dan perusahaan peningkat kemampuan pesawat. Perusahaan ini telah telah terbukti layanannya terhadap pengoperasian C-27J Angkatan Udara Australia (RAAF).

SpartanPeter Bekema

Soal performa, Leonardo menerangkan, pesawat angkut taktis berawak C-27J memiliki kemampuan terbang otonomus dari area terpencil. Pesawat dengan performa manuverabilitas yang tinggi ini juga didesain mampu lepas landas dan mendarat pada landasan pendek di berbagai pangkalan, termasuk pangkalan bersalju, berpasir, berkerikil, atau berumput.

Tautan lain: Maksimalkan Kemampuan Terjun Paskhas, TNI AU Ingin Beli Hercules Tipe J

C-27 dirancang multiguna untuk melaksanakan misi pengakutan pasukan, logistik, VIP, juga melaksanakan misi pencarian dan pertolongan (SAR).

SpartanAlex Beltyukov

Saat ini pesawat dengan kapasitas angkut 60 pasukan bersenjata ini digunakan/dipesan oleh 15 negara. Beberapa penggunanya antara lain Angkatan Darat AS, Penjaga Pantai AS, AU Italia, Au Bulgaria, AU Lithuania, AU Rumania, AU Yunani, dan AU Australia (RAAF).

Tautan lain: Arab Saudi Persiapkan Jalur Produksi Taqnia An-132

Dibandingkan C-130H, C-27J berdimensi dua per tiga dari dimensi C-130H. Namun pesawat ini memiliki bobot terbang maksimal (MTOW) kurang dari setengahnya bila dibandingkan C-130H. MTOW C-27J adalah 30,5 ton sementara MTOW untuk C-130H sebesar 70,3 ton.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!