Mon. May 27th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Operator Pertama Mulai Dilatih, Sishanud S-500 Prometey Segera Operasional

1 min read
S-500Russian MoD

ANGKASAREVIEW.COM – Di tengah kedigdayaan sistem pertahanan udara (sishanud) S-400 Triumf yang telah diekspor Rusia ke sejumlah negara, Beruang Merah kini tengah bersiap mengoperasikan sishanud terbaru yang lebih canggih lagi yakni S-500 Prometey (Prometheus).

Kelompok pertama operator sishanud ini mulai mendapatkan pelatihan.

Sobat Angkasa Review, kesiapan militer Rusia untuk segera mengoperasikan sistem persenjataan S-500 dinyatakan oleh Komandan Akademi Ruang Angkasa Letnan Jenderal Vladimir Lyaporov pada Jumat lalu sebagaimana dikutip Sputniknews.

Tautan lain: Sukses Kembangkan Hurkus, Turki Kini Bangun Jet Latih Hurjet

“Saya bangga untuk mengatakan bahwa di tahun ini kelompok pertama operator sistem pertahanan udara S-500 akan menyelesaikan pendidikannya. Sistem ini belum dikenalkan kepada angkatan bersenjata, namun akan segera diserahkan dalam waktu dekat,” ujar Lyaporov.

S-500

Lyaporov menandaskan, pada 2020 alias tahun depan militer Rusia telah siap mengoperasikan S-500 yang merupakan sistem pertahanan udara jarak jauh.

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan sangat antusias menyambut segera beroperasinya S-500.

Tautan lain: Singapura Sudah Terima Semua Heli S-70B Seahawk Pesanannya

S-500 yang diproduksi oleh Almaz-Antey Air Defence Concern dapat melumpuhkan serangan rudal balistik lawan, merontokkan pesawat, dan menghancurkan target udara lainnya. Sishanud mampu menghancurkan sasaran udara hingga jarak 600 km dan ketinggian sasaran hingga 95 km. Kecepatan maksimal rudal yang dilepaskannya bisa mencapai angka 15,6 Mach.

A Winardi

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *