Sat. May 25th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Siapa Lebih Kuat, US Marines atau Royal Marines?

2 min read
Royal MarinesRoyal Marines

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan marinir merupakan tentara elite nan spesial. Pasalnya infanteri laut ini punya tugas yang terbilang tidak enteng. Mereka mendarat di jantung pertahanan lawan melalui pelaksanaan operasi amfibi.

Di dunia, terdapat dua pasukan marinir yang paling terkenal dan paling banyak makan asam garam peperangan. Yaitu, US Marines Corps (USMC) atau US Marines dan Royal Marines Commando (RM) atau Royal Marines.

Kedua pasukan marinir ini berasal dari dua negara yang berbeda, US Marines dari Amerika Serikat, sedangkan Royal Marines dari Inggris. Uniknya, kedua pasukan tersebut punya sejarah yang panjang dan bahkan keduanya terlibat dalam dua pertempuran terbesar dalam sejarah umat manusia, yaitu Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Secara organisasi keduanya berbeda. US Marines berkekuatan satu korps atau berdiri sendiri, sedangkan Royal Marines berkekuatan setingkat brigade dan menginduk kepada Royal Navy. Meski demikian, jika dilihat dari kemampuan fisiknya siapakah yang paling terkuat dari keduannya?

Dalam kurun beberapa tahun, sejumlah personel US Marines dikirim ke Inggris untuk menjalani latihan bersama Royal Marines. Tujuannya adalah untuk beradaptasi dan melakukan improvisasi apakah latihan tersebut dapat di aplikasikan pada latihan USMC atau tidak. Para personel US Marines ini dikirim untuk menjalani pelatihan fisik selama 17 minggu yang cukup melelahkan.

US MarinesUSMC

Pelatihan ini sangat berguna bagi mereka. Pasalnya, Negeri Ratu Inggris telah merancang pelatihan fisik yang benar-benar berbeda dengan yang biasa diterapkan US Marines. Para personel USMC mengambil pelajaran dari RM bahwa daya tahan otot sangat berguna untuk pertempuran masa kini.

US Marines mendapat inspirasi dari pelatihan fisik ala Royal Marines ini. Bahkan di tahun 2016, US Marines telah meluncurkan Force Fitness Instructor Program. Dikutip dari newsrep.com, sejumlah negara persemakmuran seperti Kanada, Australia, dan Selandia Baru telah mengadopsi pelatihan seperti halnya Royal Marines.

Banyak ahli berpendapat, pelatihan fisik eksplosif merupakan pelatihan yang sangat ideal bagi
pasukan militer. Latihan fisik eksplosif menekankan pada kemampuan angkat beban dalam repetisi yang sangat banyak. Hal ini berbeda dengan US Marines yang melatih prajuritnya mengangkat beban maksimal namun dengan repetisi lebih sedikit.

Royal MarinesRoyal Marines

Sehingga secara fisik, terdapat perbedaan yang sangat mendasar. Bentuk fisik para personel US Marines terlihat lebih besar dan berotot, sedangkan para personel Royal Marines terlihat lebih ramping. Meski demikian, para personel Royal Marines ternyata memiliki daya tahan otot yang lebih lama.

Selain itu, Royal Marines lebih lincah dan bermobilitas tinggi. Daya tahan otot ini mengacu pada kapasitas otot seseorang untuk melakukan tugas dalam kurun waktu yang lama. Apalagi dalam pertempuran perkotaan yang membutuhkan mobilitas tinggi dan kekuatan tubuh bagian atas.

RND

 

editor: Raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *