Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

TRB Despot 4X4 Jajaki Pasar Timur Tengah di IDEX 2019

2 min read
DespotArmy Recognition

ANGKASAREVIEW.COM – Nama TRB (Tehnicki Remont Bratunac) mungkin cukup asing di telinga Sobat AR. Melansir situs armyrecognition.com, pengembang kendaraan tempur (ranpur) asal Republik Srpska ini menawarkan Despot 4X4 dalam ajang IDEX 2019 di Abu Dhabi, Uni Emitar Arab yang baru saja berlalu.

Tampil dalam model skala, ranpur multiguna mencari peluang pasar di kawasan Timur Tengah. Dalam wujud aslinya, Despot memiliki panjang 6,05 m, tinggi 2,70 m, dan lebar 2,56 m. Versi angkut pasukan (APC) dapat menampung sembilan orang dan muatan kisaran 3 ton.

Ranpur berbobot 14 ton ini digerakkan menggunakan mesin diesel buatan Mercedes-Benz tipe OM 926 LA kapasitas 7.200 cc yang berdaya 322 hp. Kecepatan maksimumnya mencapai 120 km/jam. Despot dilengkapi dua buah tangki solar dengan kapasitas total mencapai 400 liter.

Dalam operasinya, Despot dapat mengatasi berbagai medan sulit. Mampu berjalan pada tanjakan hingga sudut 50 derajat dan kemiringan jalan 30 derajat. Kendaraan ini juga sanggup melangkahi rintangan setinggi 50 cm serta melintasi parit sedalam 110 cm dan dapat beroperasi di daerah bersuhu -40C hingga 50C.

Despotmondo.rs

Untuk melindungi dirinya, tersedia enam lubang tembak dari dalam kabin. Tersedia juga empat tabung pelontar granat asap di setiap sisi bodi. Di atas atap depan juga dapat dipasangi kubah senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Tingkat perlindungan balistik Despot berada pada level 2 STANAG 4569 dan opsional dengan add-on armor tambahan menjadi level 3. Sedangkan tingkat perlindungan terhadap ranjau dan bahan peledak improvisasi (IED) berada pada level 2A atau 2B STANAG 4569.

Despotmondo.rs

Sobat AR, ranpur Despot sendiri kemunculannya pertama kali terlihat saat diturunkan dalam peringatan Hari Nasional Republik Srpska pada 9 Januari 2019. Bersama iring-iringan ranpur jenis lainnya, Despot turut meramaikan parade yang dilaksanakan di kota terbesar kedua yakni Banja Luka.

Mengenai Republik Srpska, ini adalah negeri mungil yang menyatu dengan negara Bosnia & Herzegovina pecahan Yugoslvia. Republik Srpska memiliki konstitusional dan hukum entitas sendiri. Sebagai ibukotanya adalah Sarajevo, namun pusat pemerintahan berada di kota Banja Luka.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: “Raider”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *