Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

3 Penerbang Tempur TNI AU Sudah Berhasil Lewati 3.000 Jam Terbang di F-16

2 min read
F-16Lanud Iswahjudi

ANGKASAREVIEW.COM – Tiga penerbang tempur TNI Angkatan Udara sudah berhasil melewati pencapaian 3.000 jam terbang di pesawat F-16 Fighting Falcon. Masing-masing adalah Letkol Pnb M. Anjar “Beagle” Legowo, Letkol Pnb Gusti Made “Barong” Yoga Ambara, dan yang baru saja mencapai hal itu adalah Letkol Pnb Nur “Racer” Alimi.

Selama berturut-turut dalam tiga tahun terakhir, para penerbang tempur F-16 TNI AU ini mencatatkan rekornya masing-masing. Yaitu, “Beagle” di tahun 2017, “Barong” di tahun 2018, dan “Racer” pada 20 Februari 2019.

Anjar Legowo merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1998. Ia pernah menjadi Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Iswahjudi.

Saat berpangkat mayor di tahun 2014, bersama dengan Komandan Skadron Udara 3 saat itu Letkol Pnb Firman “Foxhound” Dwi Cahyono (kini Atase Pertahanan di Rusia) ikut menerbangkan F-16D-52ID dari Amerika Serikat ke Indonesia.

F-16Lanud Iswahjudi

Sementara itu, Yoga Ambara lulusan AAU tahun 2000 yang kini menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3 pernah juga merasakan penerbangan jarak jauh dari Amerika Serikat ke Indonesia di kokpit jet F-16D-ID pada 2017 saat membawa pesawat hasil pembelian (setengah hibah) Kementerian Pertahanan RI itu.

Yang ketiga adalah Nur Alimi. Ia merupakan alumni AAU 1999 dan pernah menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 16 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Saat ini ia menjabat sebagai Pabandya Ops Sops Kohanudnas.

F-16Lanud Iswahjudi

Atas prestasi yang baru saja diraih oleh Alimi, Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Iko Putro mengaku bangga. Ia berpesan kepada Alimi agar bisa membagikan ilmu kepada para juniornya untuk bisa meraih 3.000 jam di F-16.

Sebagai Pabandya Ops Kohandunas, sehari-hari Alimi memang tidak bertugas di Magetan melainkan di Jakarta. Namun demikian, ia masih dipercaya untuk menerbangkan pesawat F-16.

“Tolong adik-adiknya diajari sehingga bisa meraih seperti apa yang diraih Letkol Pnb Nur Alimi saat ini,” ujar Iko Putro.

Roni Sontani

1 thought on “3 Penerbang Tempur TNI AU Sudah Berhasil Lewati 3.000 Jam Terbang di F-16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *