Tuan Rumah Tampilkan Ranpur Ringan Baru Ajban 447A MRAV di IDEX 2019

AbjanArmy Recognition

ANGKASAREVIEW.COM – Menjadi salah satu peserta tuan rumah pameran pertahanan IDEX 2019 di Abu Dhabi, UEA, perusahaan NIMR menurunkan salah satu produk unggulannya yakni keluarga kendaraan tempur (ranpur) ringan Ajban.  Dalam pameran yang berlangsung pada 17-21 Februari ini, NIMR untuk pertama kalinya mempertunjukkan seri ranpur Ajban 447A MRAV (Multi-Role Armoured Vehicle).

Sobat AR, melansir situs armyrecognition.com, ranpur Ajban 447A dirancang untuk digunakan dalam peran militer khusus. Ranpur ini menawarkan tingkat kemampuan bertahan hidup lebih tinggi termasuk mobilitas dan daya tembak yang lebih mumpuni dibanding seri Abjan sebelumnya.

Sebagai ranpur ringan multiguna, Ajban 447A menawarkan desain modular yang dapat dikembangkan untuk beragam versi sesuai misi yang diemban. Selain sebagai kendaraan respons taktis, Ajban 447A dapat dikembangkan untuk kendaraan patroli perbatasan, pengawalan konvoi, pengintaian, serta kendaraan perang melawan gerilyawan.

Ranpur Ajban 447A dapat dimuati empat sampai tujuh orang awak di mana komandan dan pengemudi duduk di kabin depan. Tersedia lima pintu untuk akses keluar masuk awak dengan pintu samping memiliki desain yang unik, terbuka saling berlawan arah.

Sementara untuk tingkat perlindungannya, Ajban 447A dirancang mampu bertahan dari ledakkan ranjau darat atau bahan peledak improvisasi (IED). Sedangkan tingkat perlindungan balistiknya pun ditawarkan bervariasi mulai dari tahan menghadapi gempuran senapan serbu kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm hingga senapan mesin kaliber besar 14,5 mm.

MRAVArmy Recognition

Ranpur berbobot 9-10 ton ini digerakkan menggunakan mesin diesel berdaya 300 hp dan tersedia opsi hingga 360 hp. Untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara, Ajban 447A dilengkapi transmisi otomatis. Ajban 447A dapat melaju maksimum hingga 110 km/jam di permukaan jalan datar dengan jangkauan operasi hingga 650 km.

Sobat AR, dalam pameran ini Ajban 447A terlihat mengusung peralatan bela diri berupa dudukan senjata Platt M550 bersenjatakan senapan multilaras Minigun buatan Dillon Aero, Amerika Serikat. Ajban 447A juga mendapatkan perangkat perlindungan diri Galix AOS (Automated Obscurance Sistems) untuk mendeteksi segala ancaman laser garapan Lacroix, Perancis.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: “raider”

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!