Beli 25 Jet Hornet Bekas Australia, 2 Unit Sudah Diterima Kanada

HornetTwitter/Natasha Smith

ANGKASAREVIEW.COM – Dua dari 25 unit jet tempur F/A-18A/B Hornet bekas pakai Angkatan Udara Australia (RAAF) yang dibeli oleh pemerintah Kanada telah tiba di Canadian Forces Base Cold Lake, Alberta pada Sabtu (16/2/2019).

Pesawat bernomor ekor A21-53 dan A21-55 untuk AU Kanada (Royal Canadian Air Force/RCAF) ini setiba di Alberta disambut dengan upacara yang hangat di tengah musim dingin di Kanada.

Mengutip pemberitaan australian.com, dua pesawat kursi tunggal F/A-18A Hornet ini tiba di Kanada usai melaksanakan penugasan dalam Exercise Red Flag 19-1 di Nevada, Amerika Serikat.

Di RAAF, armada F/A-18A/B saat ini mulai ditarik dari dinas militer secara bertahap karena perannya mulai digantikan oleh F-35A Lightning II.

Penjualan Hornet model klasik dari Australia kepada Kanada sebanyak 25 unit disepakati pada Desember tahun. Dibelinya pesawat ini karena secara teknis setipe dengan armada CF-18 yang dimiliki oleh RCAF. AU Kanada sendiri hingga saat ini belum menentukan pesawat baru untuk menggantikan peran CF-18 Hornet.

Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan dalam pernyataan hari Minggu (17/2) mengatakan, armada F/A-18A/B Hornet dari Australia akan digunakan sebagai pelengkap jet CF-18 sebelum negeri itu memiliki pesawat penerus. Dengan tambahan kekuatan ini, diharapkan misi-misi yang dilaksanakan oleh RCAF dapat terdukung.

HornetTwitter/Natasha Smith

“Kami sangat familiar dengan psawat ini dan percaya kalau pesawat-pesawat ini dapat mendukung armada CF-18 yang kami miliki,” ujar Sajjan.

Selanjutnya, pesawat akan menjalani beberapa modifikasi dan pekerjaan teknik di Kanada. Setelah itu kawanan Hornet eks RAAF akan berganti baju menjadi CF-18. Seluruh pesawat yang dibeli dari Australia dijadwalkan selesai pengirimannya pada 2021. Tahun ini delapan pesawat lain akan menyusul dikirimkan.

HornetTwitter/Natasha Smith

F/A-18A/B eks RAAF akan bermukim di Wing 3 Bagotville dan Wing 4 Cold Lake. Sementara untuk pesawat penerus, baru akan diproses oleh Kanada tahun ini dengan kontrak pembelian diperkirakan dapat dilaksanakan pada 2021-2022. Selanjutnya, pesawat pengganti akan diterima mulai 2025.

AU Australia menerima 57 F/A-18A dan 18 F/A-18B Hornet pada kurun 1985-1990. Hanya dua pesawat pertama yang dikirimkan dari Amerika Serikat. Sementara selebihnya pesawat dirakit di industri dirgantara di Avalon, Australia. Beberapa yang lain malah dibuat dengan menyertakan komponen lokal Negeri Kanguru.

Roni “Raider” Sontani

Bagikan ini :

One Response to Beli 25 Jet Hornet Bekas Australia, 2 Unit Sudah Diterima Kanada

  1. Oscar says:

    Wahh kalo di kita udah banyak yg nyinyir nihh..rongsokan lahh..ga usah ditembak juga jatoh sendiri lahh..ini itu hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!