Wed. May 15th, 2019

Saab Pastikan Produksi 96 Gripen E/F untuk AU Brasil dan Swedia

1 min read
Gripen NG

ANGKASAREVIEW.COM – Saab memastikan akan memproduksi sedikitnya 96 jet tempur Gripen E/F (Next Generation), terdiri dari 60 unit untuk Angkatan Udara Swedia dan 36 unit untuk Angkatan Udara Brasil bekerja sama dengan industri dirgantara Embraer, Brasil.

CEO Saab Hakan Buskhe dalam laporan tahunan pada 15 Februari 2019 seperti dikutip flightglobal.com menyatakan, Saab telah mendapatkan kontrak pengadaan 60 unit Gripen E/F untuk AU Swedia. Sementara 36 unit untuk AU Brasil sedang dalam proses pembuatan.

Pengiriman pertama Gripen NG untuk AU Brasil dan AU Swedia akan dilaksanakan sebelum akhir tahun tahun ini. Di AU Swedia, Gripen E akan digunakan mulai tahun 2021 dan beroperasi pada 2023.

Sementara itu Buskhe juga menambahkan, Saab dan Brasil sedang membahas rencana penambahan unit Gripen NG untuk AU Brasil. Kemungkinan pembelian susulan akan dilaksanakan pada 2021-2022.

Di lain pihak, Kepala AU Swedia juga menyatakan soal kemungkinan untuk menambah 60 unit Gripen E/F.

Selain melaksanakan produksi untuk AU Brasil dan Swedia, Saab saat ini menawarkan proposal penjualan 64 Gripen E/F kepada Finlandia dan 30-40 pesawat yang sama kepada Swiss.

Peluang lain datang dari Kroasia yang batal mendapatkan 12 jet tempur F-16 bekas pakai Israel karena tidak mendapatkan izin dari Amerika Serikat.

Roni “Raider” Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *