Rantis Ringan Tim Bidal OLP Karya Prajurit Korps Marinir TNI AL

Rantis Bidal OLPJohan Banpur

ANGKASAREVIEW.COM – Berkreasi tanpa henti, itulah motto hidup salah satu prajurit kebanggaan Korps Marinir TNI AL Kolonel Citro Subono. Pria berbadan gempal yang kini menjabat sebagai Komandan Resimen Bantuan Tempur (Danmenbanpur) 2 Marinir ini telah melahirkan beragam rantis yang cocok untuk satuannya. Mulai dari Jasgu (Jip Amfibi Serbaguna) generasi 1-3 tahun 2002-2004, disusul Humvee Retona tahun 2012, hingga kendaraan amfibi serbaguna pendarat KASRAT XI tahun 2016.

Sobat AR, dua karya terakhir pria kelahiran Jepara, Jawa Tengah ini adalah kendaraan taktis (rantis) ringan Rudik OLP (Regu Penyelidik Organisasi Logitik Pantai) dan rantis Tim Bidal OLP (Pembimbing & Pengendali Jalur Konvoi Taktis OLP).

Kedua rantis berpenggerak 4X4 ini dikembangkan untuk dapat digunakan oleh prajurit Menbanpur Marinir.

Khusus mengenai rantis Tim Bidal OLP, dalam pergelarannya satu tim akan diperkuat sebuah rantis dan dua unit sepeda motor jenis trail. Tugas tim ini adalah sebagai pencari jalan yang aman untuk dilalui oleh konvoi kendaraan pasukan atau kendaraan logistik yang akan melintas berikutnya.

Rantis Tim Bidal OLP dikembangkan berdasar kendaraan jenis UTV Polaris RZR. Namun, yang digunakan hanya mesin bawaan kapasitas 1.000 cc berdaya 110 hp termasuk juga sistem kemudinya saja. Sedangkan seluruh pipa rangka tubular dibuat baru dan lebih kuat secara konstruksi. Begitu pula bagian kaki-kaki dan sistem suspensi kendaraan bawaan telah diganti model baru.

Rantis Bidal OLPJohan Banpur

Rantis Tim Bidal OLP hanya diawaki dua orang prajurit saja. Untuk perlindungan diri kendaraan ini dapat dilengkapi senapan mesin ringan kaliber 5,56 mm yang dioperasikan oleh komandan merangkap sebagai operator senjata. Pada rantis ini tersedia juga ruang bawaan peralatan tambahan di bagian bak belakang.

Bobot rantis ini hanya 750 kg atau seperempat dari rata-rata rantis kelas ringan pada umumnya. Dengan bobotnya yang ringan, rantis Tim Bidal OLP dapat diterjunkan dari pesawat angkut menggunakan parasut beralaskan palet khusus. Kendaraan ini juga dapat diseberangkan melewati air menggunakan ponton amfibi khusus.

Kelebihan lain dari rantis Tim Bidal OLP adalalah bentuknya yang ringkas, sehingga dapat bermanuver di jalan sempit baik di lingkungan alam liar maupun di gang perkotaan. Bahkan, rantis Tim Bidal OLP sanggup menaiki dan menuruni dengan mudah anak tangga gedung atau jalan.

Sobat AR, rantis Tim Bidal OLP sendiri telah diuji ketangguhannya dalam simulasi operasi tempur yang dilakukan Menbanpur 2 Marinir Karang Pilang, Surabaya. Terakhir, rantis Tim Bidal OLP turut melakukan atraksi unjuk kebolehan pada acara Sertijab Komandan Pasmar 2 di Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya pada Jumat, 15 Februari 2019.

Bagi Sobat AR yang penasaran ingin melihat atraksi rantis Tim Bidal OLP, dapat melihat dalam tayangan video yang disertakan dalam artikel ini. Sukses untuk Korps Marinir TNI AL.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: ron

Bagikan ini :

One Response to Rantis Ringan Tim Bidal OLP Karya Prajurit Korps Marinir TNI AL

  1. Zainus says:

    Kalau amphibious keren lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!