Wed. May 15th, 2019

Hadir di Aero India 2019, Ini Daftar Barang Dagangan IAI

2 min read
Heron TPIAI

ANGKASAREVIEW.COM – India dengan pasarnya yang besar jadi ladang bagi para pengekspor industri pertahanan dan keamanan. Berbagai produk tiga matra ditawarkan ke negara berpenduduk terbesar kedua di dunia ini. Walaupun, India sendiri sebenarnya bukanlah negara murni pengimpor persenjataan. Industri-industri dalam negeri India gencar melakukan alih teknologi dan berhasil menciptakan sejumlah produk sendiri.

Dalam penyelenggaraan Aero India 2019 di Bangalore pada 20-24 Februari ini, delegasi Israel tak luput datang membawa produk-produk unggulan untuk ditawarkan kepada India maupun negara-negara di kawasan. Salah satunya adalah Israel Aerospace Industries (IAI) yang terkenal dengan produk sistem-sistem canggihnya.

Kali ini IAI datang dengan sederet produk dan penawaran kerja sama kemitraan dengan industri-industri India guna mendukung kampanye “Make in India” yang telah digariskan New Delhi.

Peluang kerja sama dengan sejumlah industri India bagi IAI terbilang besar. Tahun lalu, BUMN Israel ini berhasil meraup kesepakatan bisnis senilai 1,9 miliar dolar AS dari India.

Dikutip dari laman IAI, produk sistem pertahanan strategis yang akan dipromosikan kali ini mencakup MRSAM (medium range surface-to-air missile) hasil pengembagan bersama IAI-DRDO, satelit pengintai TecSar, dan munisi artileri berpemandu TopGun.

MRSAMIstimewa

Di kelompok loitering-munition atau drone bunuh diri (kamikaze drone) akan dipajang Green Dragon, Mini Harpy, dan Rotem. Sementara HAROP tidak disebut, padahal pemerintah India baru saja menyetujui pembelian tambahan 54 HAROP dari 110 unit yang telah dimiliki.

Kemudian, di kelompok pesawat nirawak (UAV) yang akan ditawarkan adalah Heron TP (Eitan), Bird Eye 650D, dan NRUAV (hasil kerja sama IAI dan HAL untuk AL India).

Sementara untuk kelompok radar akan dipamerkan sistem radar strategis, sistem komunikasi satelit, sistem elektro-optik terbaru, dan teknologi citra tinggi terbaru Ultra-POP.

Akan dipamerkan juga sistem pengawasan dan komando modular-kompak dengan penyetabil gyro untuk observasi siang dan malam hari berharga kompetitif.

ELW 2090Michael Sender

Selebihnya, IAI akan menawarkan pesawat untuk misi intelijen, kontrol udara, dan pengawasan maritim dalam berbagai platform seperti AEW&C, ELW 2090, ISTAR, dan ASIS.

Kerja sama IAI dengan industri pertahanan India telah terjalin selama 27 tahun. Hal ini pula yang membuat IAI berkeyakinan bisa meneruskan kemitraan dan bahkan meningkatkan volume pasar persenjataannya di pasar India yang besar.

Roni “Raider” Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *