Wed. May 15th, 2019

Masuki Pasar Sipil Brasil, Mi-171A2 Disertifikasi di Negeri Samba

2 min read
Mi-171A2Istimewa

ANGKASAREVIEW.COM РRussian Helicopters, bagian dari State Corporation Rostec dan Federal Air Transport Agency (Rosaviatsia), mendukung pelaksanaan sertifikasi helikopter Mi-171A2 di Brasil. Sejumlah dokuman teknik dan operasional pun telah dikirimkan ke Badan Penerbangan Sipil Nasional Brasil.

Sertifikasi diperlukan oleh otoritas penerbangan Brasil terkait permintaan untuk pemasaran helikopter ini di negeri itu.

Bagi Russian Helicopters, Brasil merupakan mitra lama dan area kunci untuk pemasaran produk-produk Russian Helicopters ke kawasan Amerika Selatan.

“Helikopter Mi-171 sudah lebih sepuluh tahun sukses beroperasi di Brasil. Saya yakin, helikopter baru ini juga akan mendapatkan reputasi yang baik,” ujar Andrey Boginsky, Direktur Umum Russian Helicopters seperti dikutip dalam siaran pers Russian Helicopters yang diterima Angkasa Review hari ini.

Ditambahkan, proses sertifikasi terhadap dokumen-dokumen Mi-171A2 kemungkinan besar tidak akan memakan waktu yang lama karena otoritas Brasil sebelumnya telah berpengalaman menyertifikasi Mi-171.

Dibandingkan versi terdahulu, helikopter multiguna kelas medium Mi-171A2 menawarkan teknologi baru. “Lebih modern, memiliki ruang yang lebih lapang, dan tangguh.”

Anatoly Serdyukov, Direktur Rostec Kelompok Penerbangan menambahkan, Mi-171A2 memiliki jangkauan terbang yang jauh sehingga cocok digunakan untuk penerbangan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

“Kami bermaksud membangun pusat layanan sebagai bagian dari kemitraan internasional dan jaminan masa pakai yang maksimum demi tercapainya keselamatan penerbangan,” ujarnya.

Mi-171A2Russian Helicopters

Mi-171A2 dibangun berdasarkan Mi-171A1 yang telah mendapatkan sertifikasi dari otoritas penerbangan Brasil pada 2005. Di tahun itu pula helikopter ini mulai digunakan di Negeri Samba. Mi-171A1 merupakan versi sipil dari Mi-8/17 sesuai Regulasi Akuisisi Federal FAR/JAR-29.

Terdapat 80 modernisasi pada Mi-171A2 dibanding Mi-8/17 termasuk penggunaan mesin VK-2500PS-03 dan sistem kontrol digital. Mesin ini merupakan versi sipil dari mesin yang digunakan pada helikopter serang Mi-28.

Perubahan lainnya adalah penggunaan rotor ekor bentuk X dan bahan komposit pada bilah rotor utama.

Pada Agustus 2017 Mi-171A2 telah mendapatkan sertifikasi Type A dari Badan Transportasi Udara Federal. Menunjukkan bahwa heli ini telah lulus uji implementasi syarat-syarat keselamatan penerbangan helikopter sipil.

Mi-171A2 diproduksi oleh Ulan-Ude Aviation Plant JSC. Perusahaan yang telah punya pengalaman 75 tahun ini telah menghasilkan 8.000 helikopter/pesawat ini menginduk kepada Russian Helicopters.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *