Ukraina Luncurkan Tank T-64 Hasil Peningkatan Kemampuan

T-64Oleg Katkov

ANGKASAREVIEW.COM – Hingga saat ini Ukraina terus melanjutkan program peningkatan kemampuan (upgrade) tank-tank T-64 yang pernah didapat dari Rusia. Sejak Uni Soviet bubar pada 1990-an dan berubah menjadi Rusia, Ukraina yang sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet memiliki inventori Tank T-62 dan T-64 dalam jumlah besar.

Khusus T-64 yang merupakan andalan Uni Soviet untuk memenangkan pertempuran di era Perang Dingin, tank ini diproduksi secara istimewa dan dengan biaya termahal.

Oleh karena itu tank-tank T-64  yang diproduksi Uni Soviet pada 1960-an merupakan tank-tank tangguh dan mumpuni serta bisa ditingkatkan kemampuannya melalui program upgrade. Dalam programnya ini Ukraina mengembangkan T-64 menjadi dua varian, yakni T-64 BM2 dan T-64U.

Program upgrade terutama dilakukan melalui penggantian mesin, kendali penembakan (fire control), sistem pengisian senjata, sistem optik untuk komandan tank, penggantian persenjataan antiserangan udara, penambahan lapisan baja pada bodi tank, dan lainnya.

Pada perkembangan terkini seiring meningkatnya ketegangan dua negara Rusia dan Ukraina, program upgrade T-64 makin ditingkatkan. Pengerjaan peningkatan kemampuan ini dipercayakan kepada industri militer raksasa milik Ukraina, UOP SE Kharkiv Armored Plant, UkrOboronProm.

Salah satu hasi dari program ini sudah dirilis pada 11 Fedruari lalu, yakni berupa T-64 yang memiliki lapisan baja khusus (passive armour), perangkat radio dan navigasi serba digital, alat terbaru penjejak panas, perangkat penglihatan malam hari, sistem GPS, dan lainnya.

Khusus sistem komunikasi, perangkat radio digital “Lybid-K 2RB” yang dipasang  bisa digunakan dalam jarak 70 km tanpa bisa disadap oleh lawan. Militer Ukraina tahun ini dicanangkan akan menerima sedikitnya 100 tank T-64 hasil upgrade.

A Winardi

 

editor: “raider”

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!