Wed. May 15th, 2019

Polandia Akuisisi 20 Sistem Roket Artileri HIMARS dari Amerika Serikat

1 min read
HIMARSUS Army

ANGKASAREVIEW.COM – Polandia mengakuisisi 20 unit sistem roket artileri M142 HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) senilai 414 juta dolar AS. Radio Polandia melaporkan, penandatanganan kontrak pembelian akan ditandatangani pekan ini.

Sebelumnya, pada November 2018, Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan 20 HIMARS kepada Polandia melalui mekanisme Foreign Military Sale(FMS).

M142 HIMARS merupakan sistem peluncur roket ringan yang dikembangkan untuk Angkatan Darat AS pada tahun 1990-an. Satu sistem peluncur HIMARS mengakomodasi enam unit roket.

Sistem buatan Lockheed Martin Missiles & Fire Control ini dilengkapi dengan kendaraan truk taktis medium (FMTV) berbobot lima ton buatan BAE Systems Mobility. Salah satu kelebihan HIMARS adalah karena sistem ini dirancang dapat dimobilisasi menggunakan pesawat C-130 Hercules.

HIMARSUSMC

HIMARS telah dilibatkan AS dalam sejumlah medan perang di berbagai negara, seperti dalam perang di Afganistan, Suriah, dan Irak.

Selain menjadi kelengkapan militer AS, HIMARS juga digunakan oleh Singapura (18), Uni Emirat Arab (20), dan Yordania (12).

Roni “Raider” Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *