Beri Beasiswa Kuliah Pendek Eksekutif, Saab Bawa 20 Perwira TNI ke Swedia

Gripen ESaab

ANGKASAREVIEW.COM – Perusahaan pertahanan dan keamanan Swedia, Saab, tahun ini membawa 20 perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat kapten hingga letnan kolonel ke Swedia untuk mengikuti Kuliah Pendek Eksekutif (Executive Short Course) dengan biaya ditanggung oleh Saab.

Pemberian beasiswa untuk sejumlah Perwira TNI bukan yang pertama kali dilakukan oleh Saab, karena program sejenis telah dilaksanakan sejak 2015 lalu termasuk juga untuk peserta dari kalangan sipil.

“Tahun ini adalah beasiswa terbanyak yang kami berikan, yakni untuk 20 peserta dari TNI. Program Beasiswa Saab merupakan salah satu cara Saab menunjukan komitmen kemitraan akademis dan transfer teknologi untuk Indonesia serta bagaimana konsep Triple Helix dapat diaplikasikan,” kata Anders Dahl, Kepala Saab Indonesia saat acara pembukaan kegiatan ini di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Melalui kegiatan ini, tambah Dahl, Saab berharap TNI dapat melihat Saab sebagai mitra terpercaya yang selalu tepat janji. Baik saat ini maupun di masa mendatang.

SaabRaider

Untuk pelaksanaan Kuliah Pendek Eksekutif, Saab menggandeng Universitas Pertahanan Swedia (Försvarshögskolan, FHS) di Stockholm, Swedia. Di Universitas ternama ini para perwira TNI penerima beasiswa Saab akan mengikuti perkuliahan.

Program kuliah pendek yang akan dilaksanakan Saab kali ini bertajuk “Long-term Defence Planning: Scenario and Technology Forecasting”. Program perkuliahan pertama dengan tema yang sama telah dilaksanakan untuk peserta beasiswa tahun 2017.

SaabRaider

“Kami sangat bangga sekali bisa berkolaborasi dengan TNI dalam konteks akademis,” ungkap Dahl.

Selain mengikuti pendidikan di Universitas Pertahanan Swedia, para peserta juga akan mengunjungi berbagai industri strategis di negeri empat musim itu. Di sana peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi pesawat tempur, radar, rudal, dan lainnya.

Kuliah Pendek Eksekutif Saab yang diikuti para perwira dari tiga matra TNI ini akan selesai pada Juni 2019.

Roni “Raider” Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!