5P-42 Filin, Alat Pengecoh Kapal Perang Rusia yang Bisa Membuatnya ‘Menghilang’

FilinIstimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Dalam peperangan di laut berupa duel kapal perang, peranan teleskop atau alat penglihatan untuk memantau kapal musuh sangatlah penting. Setiap kapal perang bahkan dilengkapi menara yang tinggi di mana di sana selalu ditugaskan personel berteleskop guna mengintai kapal perang musuh atau untuk mengantisipasi tabrakan dengan benda asing di laut.

Jika terjadi pertempuran laut, umumnya kapal-kapal perang yang terdesak akan diperintahkan menembakkan tabir asap sehingga kapal perang lawan tidak bisa mengincar akibat terhalangi oleh tabir asap buatan tersebut.

Kapal perang yang ‘menghilang’ di balik tabir asap menjadi punya waktu untuk mundur atau kembali ke pangkalan dan selanjutnya bersiap lagi bertempur setelah mengisi logistik dan munisi.

Akan tetapi, kemampuan menghilang lalu menghindar dari palagan berkat perlindungan tabir asap buatan itu tidak dianggap aman lagi bagi kapal-kapal perang Rusia. Oleh karena itu, piranti baru untuk ‘menghilangkan’ kapal perang pun mulai diproduksi.

Dikutip dari RIA Novosti, perangkat baru yang dibuat oleh Ruselectronics ini adalah 5P-42 Filin dan ditujukan untuk membuat bingung kapal-kapal perang musuh.

Frigat RusiaOlga Maltseva/AFP

Pasalnya, Filin bisa memancarkan cahaya yang sangat menyilaukan dan bisa menimbulkan halusinasi tertentu ketika kapal perang lawan sedang mengoperasikan sistem penglihatan untuk mengincarnya.

Akibat pantulan cahaya Filin, obyek yang muncul dalam teleskop lawan hanyalah cahaya besar yang sangat menyilaukan. Efeknya bahkan bisa membutakan, sehingga membuat kapal perang yang dilengkapi Filin bisa ‘menghilang’ saat diincar oleh teleskop kapal perang lawan.

Tidak hanya itu, sinar Filin yang ditembakkan ke udara ini bisa membuat personel musuh pusing dan muntah-muntah.

Akibat pantulan cahaya silau dari Filin ini pula, perangkat sistem penglihatan malam (NVG) menjadi tidak berkutik saat digunakan.

FilinRIA Novosti

Pelacak berupa sinar laser pun tidak bisa mempan karena terbentur oleh cahaya silau dan obyek yang ditangkap bisa berbentuk halusinasi sehingga tidak menyerupai bentuk kapal perang.

Filin telah diuji coba dan dikabarkan kini telah melengkapi dua kapal perang Rusia jenis frigat, yakni Admiral Gorshkov dan Admiral Kasatonov. Adapun produksi massal Filin selanjutnya akan ditangani industri di kawasan Severnaya Verf.

A Winardi

 

editor: “raider”

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!