Rusia Akan Pamerkan Sishanud Terbaru Pantsir-ME Berbasis Kapal Perang di Pameran IDEX 2019

Pantsir-MERosoborenexport

ANGKASAREVIEW.COM – Agen penjualan persenjataan Federasi Rusia JSC Rosoboronextport (bagian dari Rostec State Corporation) dan JSC NPO High Precision Systems akan memamerkan produk terbaru artileri sistem pertahanan udara (sishanud) Pantsir-ME dalam ajang pameran pertahanan internasional IDEX 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 18-19 Februari ini.

Pantsir-ME yang diproduksi oleh Biro Desain Instrumen JSC KBP dikembangkan guna melengkapi kapal perang demi meningkatkan kekuatan maritim.

Sistem artileri Pantsir-ME diklaim dapat menangkal serangan rudal jelajah, pesawat tak berawak, helikopter, maupun pesawat sayap tetap.

Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev menyatakan, tren saat ini memaksa angkatan laut untuk melengkapi kapal perang dengan sistem pertahanan udara yang memadai.

“Pengembangan angkatan laut memaksa kapal-kapal untuk dilengkapi dengan aset yang dapat diandalkan menangkal berbagai ancaman udara,” ujarnya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Rosoboronexport yang diterima redaksi Angkasa Review hari ini.

Pantsir-MEYoutube

Ditambahkan, Pantsir-ME dapat dipasang pada sebagian besar kapal perang Rusia maupun kapal produksi negara lain dengan bobot mati kapal lebih dari 300 ton.

Direktur Industri Kelompok Persenjataan Rostec Sergey Abramov menambahkan, saat ini Pantsir-ME tidak memiliki tandingan yang sepadan di kapal perang.

“Demonstrasi skala penuh di pameran IDEX merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk mempersembahkan senjata baru Rusia yang canggih kepada mitra kami, utamanya dari Timur Tengah dan Afrika Utara,” ujarnya.

Pantsir-MEYoutube

Dijelaskan lebih lanjut, Pantsir-ME dapat melumpuhkan empat target udara yang menyerang kapal secara serentak. Jarak tembak sistem rudal antipesawat ini mencapai 20 km dengan ketinggian 15 km.

Rudal ditembakkan terlebih dahulu dari sistem Pantsir-ME. Bila sasaran masih lolos maka akan disergap menggunakan dua artileri kanon putar enam laras dengan jaminan 100 persen mengenai target.

Roni “Raider” Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!