Wed. May 15th, 2019

Pilot Su-35S Rusia Latihan ‘Dogfight’ Melawan Jet-jet Militer Penyusup

1 min read
Su-35SVitaly Kuzmin

ANGKASAREVIEW.COM – Para pilot jet tempur Su-35S Angkatan Udara Rusia melakukan latihan tempur jarak dekat (dogfight) melawan armada penyusup yang disimulasikan sebagai pesawat-pesawat asing yang masuk ke wilayah udara Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, latihan dilaksanakan mulai awal Februari di Wilayah Kabarovsk melibatkan kawanan Su-35S dari Distrik Militer Timur.

Latihan dimaksudkan untuk meningkatkan kemahiran pilot-pilot Su-35 menghadapi lawan-lawannya, khususnya jet-jet tempur maupun pesawat pengintai asing. Para pilot melakukan latihan beragam manuver dalam upaya pencegatan terhadap seluruh pesawat musuh.

Mengingat Su-35 merupakan jet tempur berperforma aerobatik sangat tinggi, pilot-pilot Su-35S pun diperintahkan melakukan manuver-manuver ekstrem saat melaksanakan pertempuran jarak dekat.

Selain materi latihan penyerangan, para pilot Su-35S juga melaksanakan materi latihan bertahan dan pertempuran jarak jauh.

Pilot diberi tugas untuk dapat mencari, mendeteksi, dan melumpuhkan pesawat-pesawat musuh. Sobat AR, materi perang udara ini disebut tidak mudah dilaksanakan karena musuh menggunakan kekuatan sistem peperangan elektronik.

Latihan diakhiri dengan pemaksaan mendarat (force down) pesawat-pesawat musuh di pangkalan khusus.

Hingga saat ini jumlah pesawat-pesawat asing yang mendekati wilayah udara Rusia terbilang masih tinggi. Angkatan Udara Rusia seringkali memerintahkan armada jet-jet tempurnya untuk mencegat dan menghalau para “tamu tak diundang” guna kemudian mengusirnya.

Minggu lalu, dalam satu pekan AU Rusia mengerahkan sedikitnya empat kali misi pengusiran pesawat-pesawat asing yang mencoba masuk atau menyelonong ke wilayah udara Beruang Merah.

Roni “Raider” Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *