Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Tunggu Setahun, Su-35 Akan Tiba di Indonesia

2 min read
Su-35AP

ANGKASAREVIEW.COM – Kedatangan jet tempur Su-35 yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Rusia terus dinantikan banyak kalangan. Namun hingga saat ini memang belum ada kejelasan kapan Flanker-E akan tiba dan mengudara di langit Nusantara.

Pertanyaan demi pertanyaan pun dilontarkan awak media kepada pihak-pihak terkait. Baik itu kepada Kementerian Pertahanan selaku instansi pembeli maupun kepada TNI Angkatan Udara sebagai instansi pengguna pesawat ini nantinya.

Sebelumnya, tahun lalu Kementerian Pertahanan RI menyatakan, Indonesia telah menandatangani pembelian 11 Su-35 dari Rusia senilai 1,14 miliar dolar AS. Su-35 akan digunakan untuk menggantikan peran F-5E/F Tiger II yang telah dipensiunkan masa dinasnya dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat ditanya wartawan di Mabesau menyatakan, berdasar informasi yang ia terima bahwa Su-35 akan datang setahun setelah kontrak efektif ditandatangani.

“Jadi begini, pada saat saya dilantik jadi KSAU saya terus push ke Kementerian Pertahanan (soal pengadaan alutsista). Kemudian seperti Pak Menhan bilang bahwa itu sudah ditandatangani (pengadaan Su-35). Jadi sekarang prosesnya di Kemhan,” ujar Yuyu usai memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU, Jumat (1/2/2019).

Yuyu meneruskan, untuk pengajuan dari TNI AU sendiri prosesnya sudah selesai.

TNI AU, kata penerbang F-5E/F ini, menyiapkan opsreq dan spektek. Proses ini sudah selesai. “Sekarang prosesnya tinggal di Kemhan. Kan tidak semudah itu ya untuk bisa efektif menjadi kontrak (kontrak efektif),” lanjutnya.

Pengadaan alutsista khususnya pesawat atau rudal, kata Yuyu, umumnya butuh waktu 2-3 tahun.

“Pengadaan alutsista itu, khususnya pesawat atau rudal, tidak bisa sekarang proses, sekarang kontrak, lalu sekarang datang. Butuh waktu 2-3 tahun. Jadi, untuk pengadaan yang ditandatangani tahun ini, baru bisa datang barangnya pada 2021-2022,” pungkas KSAU.

Roni Sontani

2 thoughts on “Tunggu Setahun, Su-35 Akan Tiba di Indonesia

  1. Mantap.. teruskan wahai TNI ku.. amankan langit Indonesia.. bagi ke 8 penjuru arah Indonesia, agar aman dr hal yg tidak diinginkan..

  2. Segera datang kan SU 35 untuk mengawal langit nusantara, jangan kalah sama Singapura yang mau beli F-35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *