AL Rusia Resmi Dinaskan Kapal Penyapu Ranjau Ivan Antonov

Ivan AntonovUSC

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Laut Rusia resmi mendinaskan kapal penyapu ranjau Project 12700 yang diberi nama Ivan Antonov pada Sabtu, 26 Januari 2019. Ini merupakan kapal ketiga Projet 12700 kelas Alexandrit. Enam unit kapal kelas ini telah dicanangkan memperkuat jajaran AL Rusia.

Nama Ivan Antonov dipilih dari nama penembak runduk (sniper) terkenal Rusia semasa Perang Dunia II, yaitu Ivan Petrovic Antonov.

Kapal yang dimasukkan ke dalam jajaran Armada Laut Baltik di Sevastopol ini memiliki panjang 61 meter, lebar 10,2 meter, dan draught 2,68 meter. Untuk bobotnya mencapai 890 ton dan kecepatan laju berada di angka 16,5 knot.

Dikutip dari keterangan pihak pabrikan, Ivan Antonov dibekali persenjataan close-in weapon system (CISW) berupa AK-630 kaliber 30 mm dan rudal permukaan ke udara Igla. Kapal yang dibuat oleh Sredne-Nevsky Shipyard ini diawaki 44 orang.

Kapal ini juga dilengkapi satu unit rigid inflatable boat (RIB) tipe unmanned surface vehicle (USV) buatan Almaz Central Marine Design Bureau.

Proses pembuatan Ivan Antonov dimulai pada Januari 2017 dan diluncurkan pada April 2018.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!