Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Boeing Terima Kontrak 2,4 Miliar Dolar AS untuk 19 P-8A Poseidon

1 min read
PoseidonUS Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Boeing menerima kontrak pembuatan 19 unit pesawat patroli maritim dan perang laut P-8A Poseidon dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS/US Navy) senilai 2,4 miliar dolar AS (USD). Kesembilan belas pesawat tersebut terdiri dari 10 unit P-8A untuk AL AS, lima unit untuk Norwegia, dan empat unit untuk Inggris.

Untuk diketahui, Norwegia dan Inggris membeli P-8A melalui mekanisme Foreign Military Sales (FMS) dan akan menerima pesawat yang sama seperti untuk US Navy.

Bagi Inggris, tambahan empat pesawat P-8A ini menjadikan total sembilan Poseidon dibeli oleh Negeri Ratu. Inggris akan menerima pesawat pertama tahun ini, sedangkan Norwegia mulai tahun 2021.

Boeing dalam siaran persnya menyatakan, P-8A merupakan pesawat patroli maritim multiperan jarak jauh. Pesawat ini dibuat berdasar basis pesawat komersial B737 NG dengan ketangguhan lebih serta integrasi beragam perlengkapan sistem misi yang canggih.

P-8A memiliki ruang bom dan gantungan persenjataan di sayap serta dapat membawa 129 sonobouy untuk perburuan kapal selam. Untuk menambah jarak jangkau dan meningkatkan lama terbang, P-8A telah dilengkapi lubang untuk menerima pengisian bahan bakar di udara.

PoseidonIndian Navy

Selain digunakan oleh AL AS sekira 122 pesawat dan dipesan oleh Inggris serta Norwegia, P-8 juga telah digunakan oleh Australia dan India.

AU Australia (RAAF) mengoperasikan 2 P-8A dan memesan 10 unit tambahan. Sementara AL India telah menggunakan 8 P-8I dan berencana menambah lagi 12 unit.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *