Rusia Sertifikasi Peningkatan Ketinggian Lepas Landas/Mendarat Heli Ansat Jadi 3.500 Meter

AnsatRussian Helicopters

ANGKASAREVIEW.COM – Badan Transportasi Udara Federal Rusia (Rosaviatsiya) menyertifikasi peningkatan ketinggian lepas landas/mendarat helikopter Ansat menjadi 3.500 m. Persetujuan ini dikeluarkan berdasarkan uji coba yang dilakukan pada musim panas 2018 di Mount Elbrus.

Dengan keluarnya sertifikasi ini, maka Ansat dapat dioperasikan dari wilayah pegunungan tinggi.

Sebelumnya, helikopter Ansat yang dibuat oleh Russian Helicopters (bagian dari Rostec) hanya dapat lepas landas dan mendarat maksimal di ketinggian 1.000 m saja.

Selama pengujian, Ansat berhasil menyelesaikan serangkaian lepas landas dan pendaratan di ketinggian hingga 3.500 m. Termasuk di dalamnya, simulasi kegagalan satu mesin dan mode autorotation.

Dalam siaran pers Russian Helicopters yang diterima Angkasa Review, Rabu (23/1), dikatakan, peningkatan kemampuan ini memberikan peluang baru bagi negara-negara untuk mengoperasikan Ansat di medan-medan yang kompleks seperti pegunungan.

Sejumlah negara telah menyatakan ketertarikannya untuk mengakuisisi heli ini. Seperti Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Malaysia.

“Kami menerima sekitar 30 permintaan untuk pengiriman helikopter Ansat dan kami berharap layanan pelanggan kami akan terus meningkat,” ujar Andrey Boginskiy, Direktur Umum Perusahaan Induk Russian Helicopters.

Sementara itu, Direktur Industri Kelompok Penerbangan Rostec, Anatoly Serdyukov, menyatakan Ansat adalah salah satu proyek strategis utama untuk korporasi.

“Kesuksesan uji penerbangan di atas ketinggian 1.000 meter menunjukkan ketangguhan dan standar tinggi efisiensi helikopter ini,” ujar Serdyukov. Ditambahkan, pihaknya akan terus melanjutkan proses peningkatan kemampuan dan performa Ansat.

Ansat merupakan helikopter ringan bermesin ganda. Heli ini dibuat di Kazan Helicopter Plant di Kazan, Federasi Rusia. Heli multiguna ini mampu menjalankan beragam misi dan berkapasitas angkut tujuh orang.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!