Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Hadapi Kelompok Bersenjata, Pakistan Kembangkan Super Mushshak Jadi Pesawat COIN

2 min read
COINPAC

ANGKASAREVIEW.COM – Berbatasan dengan wilayah Afganistan yang menjadi sarang kelompok teroris Taliban, menjadikan militer Pakistan selalu bersiaga. Selain di wilayah perbatasan, di dalam negeri  juga Pakistan menghadapi gerakan pengacau lain yakni Tehrik-i-Taliban Pakistan (TTP).

Kelompok bersenjata lainnya yang beroperasi di dalam negeri adalah Baloch Liberation Army (BLC) yang berasal dari Provinsi Balochistan, Pakistan. Lalu dari wilayah Kasmir, di Pakistan juga ada kelompok gerliyawan Lashkar-e-Taiba (LeT).

Sobat AR, guna menghadapi perlawanan dari kelompok pemberontak bersenjata tersebut, Angkatan Udara Pakistan bekerja sama dengan industri pesawat milik negara, yakni Pakistan Aeronautical Complex (PAC) mengembangkan pesawat latih ringan untuk dimodifikasi menjadi fungsi antigerliya atau counter-insurgency (COIN).

Pengembangan proyek ini mulai dipertunjukkan pada April 2017 silam. PAC menggunakan pesawat latih dalam negeri, yaitu Super Mushshak buatannya sendiri sebagai basis bagi pengembangan pesawat COIN.

Selain mendapatkan perangkat glass cockpit baru, Super Mushshak juga dibekali kemampuan pengintaian (ISR). Pesawat dilengkapi kubah sensor elektro optik/infra merah dan perangkat pengawasan L3 Wescam MX-10 di bawah perutnya.

Awak operator kubah duduk di kursi sebelah kanan pilot. Ia bertugas mengontrol sistem kamera pengintaian. Pada saat yang sama, gambar/citra hasil pengamatan dapat dikirimkan langsung ke komandan pertempuran di darat.

Untuk persenjataan, di bawah setiap sayap Super Mushshak tersedia satu gantungan senjata. Gantungan ini dapat digunakan untuk mengangkut bom pintar FT-10 berbobot 25 kg buatan China. Namun demikian, tak dijelaskan apakah Super Mushshak juga bisa meluncurkan rudal antitank buatan lokal Baktar-Shinkan (lisensi HJ-8 dari China).

Mengenai spesifikasinya, Super Mushshak memiliki dimensi panjang 7,15 m, tinggi 2,60 m, dan rentang sayap 8,8 m. Pesawat dengan MTOW 1,25 ton ini ditenagai sebuah mesin Textron Lycoming IO-540bV4A5 bedaya 260 hp.

Kecepatan jelajah Super Mushshak mencapai 240 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimum hingga 268 km/jam. Ketinggian terbangnya hingga 6.705 m dan jangkauan operasi sejauh 814 km atau lama terbang (flight endurance) 4 jam 15 menit.

COINPAC

Sobat AR, PAC mengembangkan Super Mushshak berdasar pesawat latih MFI-17 Mushshak. Pesawat ini tak lain adalah produk lisensi MFI-17 Supporter dari Saab, Swedia sejak 1981. Versi Super Mushshak mulai menjalani terbang perdana pada 1995 dan masuk jalur produksi setahun berikutnya.

Sebanyak 300 unit Super Mushshak telah diadopsi oleh Angkatan Udara dan Angkatan Darat Pakistan. Selain digunakan di dalam negeri, PAC juga berhasil mengekspor sekira 90 unit Super Mushshak lainnya ke negara asing. Seperti ke Iran, Nigeria, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah dan Turki.

Belum ada informasi berapa jumlah Super Mushshak versi antigerilya yang akan dibuat oleh PAC untuk militer Pakistan. Namun demikian, situs janes.com menyebutkan bahwa pesawat COIN ini telah diminati mitra asing. Sayangnya PAC tak menyebutkan asal negaranya.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *